Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematang Siantar yang juga Bunda Pendidikan Anak Usaha Dini (PAUD) berkunjung dan menyapa murid-murid di tiga Sanggar Anak Balita (SAB) di Kecamatan Siantar Selatan, Senin (30/10/2023) pagi. 

Tiga SAB yang dikunjungi dr Susanti yaitu, SAB Kelurahan Karo di Jalan Pane, SAB Kelurahan Martimbang di Jalan Marimbun, dan SAB Kelurahan Kristen di Jalan Parsoburan.

Di ketiga SAB, dr Susanti disambut Camat Siantar Selatan Pedi Arianto Sitopu SE MSi dan Bunda PAUD Kecamatan Siantar Selatan, beserta lurah dan Bunda PAUD Kelurahan, serta TP PKK.

Di tiga SAB, dr Susanti menyapa murid-murid dan mengajak mereka berdialog. Menurut dr Susanti, kunjungannya ke SAB memang dilakukan secara mendadak. Namun bukan berarti inspeksi mendadak (sidak). 

"Kedatangan saya untuk melihat langsung proses belajar mengajar, serta kondisi sarana dan prasarana," kata dr Susanti.

Selain itu, juga untuk 'menjemput' aspirasi, saran, dan masukan demi kemajuan SAB. 

"Sebab anak-anak kita ini adalah harapan bangsa yang akan meneruskan kepemimpinan di negara ini. Kita harus bantu mereka mencapai cita-citanya. Juga dalam rangka mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," terang dr Susanti.

Dalam kesempatan tersebut, para guru SAB menyampaikan aspirasinya, termasuk terkait kesejahteraan mereka, kondisi alat permainan, dan lainnya.

Terkait kesejahteraan guru SAB, dr Susanti dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar Rudolf Barmen Manurung MPd mengatakan Pemko Pematang Siantar berkomitmen meningkatkan kesejahteraan para guru. 

Saat ini, tengah berlangsung proses program peningkatan kesejahteraan guru.

"Mudah-mudahan di tahun 2024 sudah bisa berjalan," katanya.

dr Susanti juga mengingatkan agar ruang belajar tetap bersih, termasuk ventilasi untuk keluar masuk udara.

"Mengingat anak-anak kita ini dalam masa yang sangat aktif. Jangan sampai mereka mudah tertular penyakit," pesannya. 

Di akhir pertemuan, dr Susanti membagikan snack kepada murid-murid SAB, yang dilanjutkan dengan foto bersama.

Untuk diketahui, di SAB Kelurahan Karo ada 31 murid dengan tenaga pengajar Meiliyanti Simbolon dan Wasliyani. 

Sementara di SAB Kelurahan Martimbang ada 23 murid dengan tenaga pengajar Marlinang MHL Tobing SP SPd dan Elizabeth H Tampubolon SPd. 

Sedangkan di SAB Kelurahan Kristen ada 16 murid dengan tenaga pengajar Rosmen S Napitupulu SpdAud dan Junita Siagian SPd. 

(ADV/Putri)