Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Festival Seni dan Qasidah Tingkat Kabupaten Simalungun Tahun 2023 yang berlangsung 27-29 Juli 2023 di Lapangan Bolakaki Rintis VII PTPN-4 Kebun Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun, secara resmi ditutup, Sabtu sore (29/07/2023).

Penutupan Festival yang dilaksanakan Pemkab Simalungun bekerjasama dengan Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Simalungun tersebut dilakukan oleh Bupati Simalungun diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Ramadhani Purba.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Jazila Adelina Lubis dan saritilawah dibawakan oleh Mahliza Naradita Sinaga, dilanjutkan dengan do'a yang dipimpin oleh Riswansyah Hasibuan dari MUI Simalungun.

Sesuai dengan Keputusan Dewan Juri dibacakan oleh Ketua Dewan Juri Mhd Asril Nasution disebutkan peringkat 10 besar yaitu Kecamatan Tanah Jawa, Bosar Maligas, Bandar Masilam, Gunung Maligas, Dolok Batu Nanggar, Huta Bayu Raja, Pamatang Bandar, Bandar, Gunung Malela, Jawa Maraja Bah Jambi dan sebagai juara umum Kecamatan Tanah Jawa.

Bupati Simalungun dalam pidato tertulisnya yang di bacakan Asisten Ekbang antara lain menyampaikan Festival Seni dan Qasidah merupakan sebuah wahana dalam memelihara sekaligus sarana untuk mengimbangi masuknya budaya asing.

Untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat dan pemerintah agar festival seni dan qasidah ini memberikan pengaruh positif, dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat.

Pemkab Simalungun menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang memberikan kontribusi bagi kesuksesan penyelenggaraan festival ini, semoga suasana kondusif, damai dan religius serta bebas konflik yang terwujud dalam festival ini terus terpelihara di masa yang akan datang.

Selamat kepada yang berprestasi dan terus dipertahankan. Bagi yang belum agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan yang akan datang. Saya ingatkan kepada pemenang maupun yang belum menang, bahwa semangat meraih pengharagaan jangan sampai menggeser niat ikhlas untuk melestarikan kesenian Islam, kata Bupati.

Sebelumnya Andri Rahadian, selaku ketua panitia Festival Seni dan Qasidah Tingkat Kabupaten Simalungun Tahun 2023 dalam laporannya mengharapkan, melalui seni dan qasidah, seluruh kecamatan di Kabupaten Simalungun bisa memberikan partisipasi dalam mengembangkan seni musik Islam, karena masyarakat Kabupaten Simalungun memiliki bakat dan potensi.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan festival seni dan qasidah Kabupaten Simalungun Tahun 2023,”ucap Andri.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD LASQI Simalungun Deni Sartika dalam sambutannya menyampaikan, kesuksesan pelaksanaan festival ini menjadi tolok ukur untuk evaluasi kedepan untuk melaksanakan kegiatan festival tahun depan.

“Hari ini sangat luar biasa sekali, karena sepanjang kegiatan semua berjalan dengan baik Saya. Terima kasih kepada Pemkab Simalungun dan seluruh panitia yang telah bekerja dengai baik sehingga Festival ini berjalan dengan sukses,”kata Deni.

Berikut juara-juara dalam Festival Seni dan Qasidah Tingkat Kabupaten Simalungun Tahun 2023.

Cabang Bintang Vocalis (binvoc) Qasidah Gambus anak-anak putra, juara 1 utusan kecamatan Ujung Padang, Juara 2 Kecamatan Huta Bayuraja, Juara 3 Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Harapan 1 Kecamatan Gunung Maligas, dan Harapan 2 Kecamatan Bandar Masilam.

Cabang Binvoc Qasidah Gambus anak-anak putri, juara 1 utusan kecamatan Tanah Jawa, Juara 2 Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Juara 3 Kecamatan Dolok batu nanggar, Harapan 1 Kecamatan Dolok Silou dan Harapan 2 Kecamatan Ujung Padang,

Kemudian Cabang Binvoc Qasidah Gambus remaja putra, juara 1 utusan kecamatan Tanah Jawa, juara 2 Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Juara 3 Kecamatan Tapian Dolok, Harapan 1 Kecamatan Pematang Bandar, dan Harapan 2 Kecamatan Jawa Maraja bah Jambi.

Cabang Binvoc Qasidah Gambus remaja putri, juara 1 utusan dari Kecamatan Gunung Maligas, Juara 2 Kecamatan Tanah Jawa, Juara 3 Kecamatan Gunung Malela, juara harapan Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Cabang Binvoc Qasidah Gambus dewasa putra, juara 1 utusan kecamatan Bosar Maligas, juara 2 kecamatan Gunung Maligas, juara 3 kecamatan Pamatang Bandar, Harapan 1 Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi dan Harapan 2 Kecamatan Tanah Jawa.

Selanjutnya, Cabang Binvoc Qasidah Gambus dewasa putri, juara 1 utusan dari kecamatan Bosar Maligas, juara 2 Kecamatan Jorlang Hataran, Juara 3 Dewi Jayanti, Harapan 1 Kecamatan Siantar, dan harapan 2 Kecamatan Tanah Jawa.

Sementara itu, Cabang Qasidah Rebana Klasik Remaja Putra, juara 1 utusan dari Kecamatan Bandar Masilam, Juara 2 Kecamatan Bandar, Juara 3 Kecamatan Tanah Jawa, Harapan 1 Gunung Malela, dan Harapan 2 Kecamatan Panombeian Panei

Cabang Qasidah Rebana Klasik Remaja Putri, juara 1 utusan kecamata Tanah Jawa, juara 2 kecamatan Pematang Bandar, juara 3 Kecamatan Bandar Masilam, Harapan 1 Kecamatan Bosar Maligas, dan harapan 2 kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi,  

Terkahir, Cabang Qasidah Rebana Klasik Dewasa Putra, juara 1 utusan kecamatan Huta Bayu Raja, juara 2 kecamatan Tanah Jawa, dan juara 3 kecamatan Gunung Maligas. Untuk Cabang Qasidah Rebana Klasik dewasa Putri

Kemudian juara 1 utusan dari kecamatan Tanah Jawa, juara 2 Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Juara 3 Kecamatan Bandar, Harapan 1 Kecamatan Bandar Masilam, dan Harapan 2 Kecamatan Bosar Maligas. Kepada masing-masing juara diberikan hadiah berupa tropy, piagan dan dana pembinaan.

(Rel Ger)