Taput, Sumut, Fokus24.id-Workshop jurnalis digital PWI Bonapasogit dibuka oleh Bupati Tapanuli Utara yang diwakili Sekretaris Daerah, Indra Simaremare, Selasa-Rabu di Hotel GNB Muara, (20/06/2023).

Giat yang bekerjasama dengan Telkomsel itu diharapkan mampu memberikan informasi yang lebih akurat dan terpercaya sehingga dapat menjadi penyeimbang berita yang ada di media sosial.

"Tantangan jurnalis saat ini adalah media sosial seperti Tiktok, Instagram dan Facebook. Diharapkan para jurnalis mampu memberikan informasi akurat, terpercaya sebagai penyeimbang berita di media sosial." Kata Indra Simare mare.

Indra Simare mare juga mengapresiasi kegiatan kegiatan tersebut karena jurnalis dituntut untuk mampu menguasai digitalisasi sehingga bisa mengimbangi informasi yang beredar luas di media sosial," imbuhnya.

Ketua PWI Bonapasogit, Alfonso Situmorang dalam laporannya menyampaikan bahwa workshop jurnalis digital ini masih yang pertama kali dilakukan.

Ia berharap seluruh peserta dapat menyerap setiap materi yang diberikan Nara sumber sehingga bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya.

"Lewat workshop ini mudah-mudahan akan memampukan kita menjadi wartawan yang go to digital dan multitasking, karena saat ini sudah menjadi tuntutan bagi setiap jurnalis untuk mampu menguasai teknologi dan melek digital," ujar Alfonso.

Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari GM Digital Advertising Business Development Telkomsel, Vicky Fathurrahman ,

"Saya mengapresiasi workshop jurnalis digital yang diinisiasi PWI Bonapasogit bekerjasama dengan Telkomsel." Ujarnya.

Menurutnya kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah yang kini sudah mulai go to digital. Mau tak mau perkembangan ini sesuatu yang tidak bisa kita tolak,

"Atau kita akan tertinggal. Oleh karena itu kami akan mencoba terus bekerjasama dengan berbagai komunitas PWI mulai dari pusat hingga daerah-daerah." Cetusnya.

Diungkapkan Viky, rangkaian dari kerjasama Telkomsel dengan PWI yang sudah terjalin sejak pelaksanaan Hari Pers Nasional Februari lalu. Pada kesempatan ini kita akan sharing lebih banyak tentang teknologi ini," pungkasnya.

Workshop jurnalis digital diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari pengurus PWI Bonapasogit, Anggota PWI Bonapasogit dan beberapa wartawan yang bertugas di Kabupaten Tapanuli Utara.

Turut hadir Kadis Kominfo Hendrik Taruna Surbakti, Camat Muara, Lindung Sianturi dan Danramil Muara, Kapt. F.Lubis.

(Aman Siregar)