Toba, Sumut, Fokus24.id-Masyarakat Lintas Agama di Kabupaten Toba menggelar doa bersama atas kematian Brigadir Josua Hutabarat yang saat ini sudah menjadi persoalan nasional.

Dalam doa pengantarnya, Pdt M Marpaung STh didampingi H Imran Napitupulu, mengatakan bahwa seluruh masyarakat Kabupaten Toba sangat berduka atas kematian Brigadir Josua Hutabarat dan kepada seluruh keluarga supaya tabah menghadapinya.

"Juga kepada institusi Polri yang saat ini sedang bekerja keras mengungkap persoalan supaya diberikan oleh Tuhan kekuatan dan bijaksana sehingga nantinya apa hasil yang diperoleh dapat diterima oleh keluarga korban dan seluruh masyarakat," ujar Pdt M Marpaung, Minggu(07/08/2022) di Komplek Monumen DI Panjaitan di Balige.

Pati Simanjuntak mewakili selaku Tulang (Paman) dari Brigadir Josua Hutabarat menyampaikan rasa prihatin atas peristiwa kematian Brigadir Josua Hutabarat sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Toba, untuk itu perlu dukungan moral kepada seluruh keluarga Brigadir Josua dan Institusi Polri,

"Semoga Brigadir Josua Hutabarat mendapat tempat yang layak disisiNya dan kepada seluruh keluarga yang ditinggal tabah menghadapi. Kepada Presiden Jokowi dan Institusi Polri sangat kami apresiasi yang bekerja secara profesional untuk mengungkap peristiwa ini demi keadilan dan fakta," sebutnya berharap kepada Polri kasus kematian Brigadir Josua Hutabarat dapat terungkap dengan terang benderang.

Sementara, Ir Tengku Pardede diakhir kegiatan menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang hadir  untuk menggelar doa bersama meski persiapan bersifat dadakan namun cukup mendapat perhatian dari warga  datang memadati,

"Terimakasih kepada peserta kiranya doa yang sudah dipanjatkan mampu menyemangati seluruh keluarga dan yang terlibat dalam penanganan kasus kematian Brigadir Josua Hutabarat termasuk Pengacara, Komnas HAM dan Polri," katanya.

Acara doa bersama masyarakat lintas agama di Bundaran Monumen DI Panjaitan Balige selain dihadiri lebih dari 500 warga juga hadir keluarga Brigadir Josua Hutabarat.

Kemudian, Forum Komunikasi Lintas Agama dan Kalangan Pengusaha diantaranya Ny Theresia Hutabarat, Rohaida Simanjuntak, Tulus Hutabarat dan Tim Polres Toba, AKP Antoni Rajagukguk, Polsek Balige, AKP Agus Salim Siagian.

Selama kegiatan disertai penyalaan lilin dengan menyanyikan Lagu Wajib Nasional Indonesia Raya berlanjut lagu gereja selanjutnya diakhiri dengan lagu O Tano Batak membuat suasana di Bundaran DI Panjaitan Balige benar-benar dalam suasana berduka.

(Christian Tampubolon)