Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Pardomuan Nasution menghadi pengukuhan Pengurus Lembaga Dakwah Khusus Perbaikan Akhlak Bangsa (LDK PAB) masa khidmat 2023-2028. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula DP MUI Jalan Kartini, Minggu (24/09/2023).

Sambutannya, Walikota Pematang Siantar, yang disampaikan Pardomuan mengucapkan Syukur karena dapat berkumpul di tengah-tengah ulama dan ahli agama,

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan MUI. Saya yakin, kegiatan ini merupakan langkah penting dalam perbaikan negara. Sebab, perbaikan negara ini dimulai dari akhlak. Selamat atas dilantiknya LDK PAB MUI Kota Pematang Siantar, besar harapan kami, kita bersama-sama menjalankan tugas perbaikan akhlak ini,” sebut Pardomuan.

Untuk launcing kajian kitab kuning, tambah Pardomuan, semoga kegiatan ini menambah khazanah keilmuan di Kota Pematang Siantar. Keilmuan berkaitan erat dengan kearifan. Dan, kearifan berhubungan dengan keberkahan.

“Mari bersinergi dan bergandengan tangan dalam menjalankan atau mendukung program Pemko Pematang Siantar,” tutup Pardomuan.

Pengukuhan kepengurusan LDK PAB masa khidmat 2023-2028, dipimpin Ketua Umum Dewan Pimpinan (DP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematang Siantar Drs H Muhammad Ali Lubis.

Adapun nama-nama pengurus yang dilantik, untuk pelaksana harian adalah Ketua Samsul Rivai Harahap SPd, Wakil Ketua Rizty Desta Mahestri SPsi MPsi Psikolog, Wakil Ketua Darma Bakti Kalbar SPd MSi, Sekretaris Hendri Yahya Syahputra MPd, Wakil Sekretaris M Syafii S Kom, Bendahara Dra Hj Rosmala Lubis. Dan, empat anggota lainnya; Ahmad Zailani, Ismawati Nasution SpdI, Yoandi Putra Harahap, serta Mustafa Akhyar.  K

Ketua LDK PAB yang baru dilantik, Samsul Rivai Harahap, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tulus kepada Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Kota Pematang Siantar atas amanah yang telah diberikan.

“Tugas ini menjadi sesuatu yang baru bagi kami. Mohon tetap membersamai kami dalam perjuangan ini,” sebut Samsul Rivai Harahap menutup sambutan.

Selesai pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan sekaligus pembukaan launching kajian rutin kitab kuning oleh Ketua DP MUI Kota Pematang Siantar Drs H Muhammad Ali Lubis. 

“Berdakwah itu, tugas kita semua. Jadilah yang terdepan dalam menyampaikan dakwah. Semoga kajian rutin kitab kuning ini bermanfaat. Dan, kita menjadi orang alim atas ilmu yang kita peroleh,” ucap Ali Lubis sembari mengucap Basmalah tanda launching kajian rutin kitab kuning dibuka.

Seremoni Pelantikan LDK PAB dan launching kajian kitab kuning ditutup dengan penyerahan kitab kuning oleh Ketua DP MUI Kota Pematang Siantar kepada tiga peserta yang hadir, dan doa. 

Setelahnya, acara dilanjutkan sarasehan dengan materi Arah dan Strategi Kegiatan Lembaga Dakwah Khusus Dalam Presfektif Problematika Ummat dan Moralitas Bangsa, dibawakan oleh Dr dr H Elman Boy M Kes Sp KKLP, yang tercatat sebagai Ketua Lembaga Dakwah Khusus MUI Sumut yang juga Direktur Rumah Sehat Baznas Sumut dan Dosen Fakultas Kedokteran UMSU. 

(ADV/Put)