Simalungun, Sumut, Fokus24.id - Pemkab Simalungun melaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 H/2023 M di halaman SMA Negeri 1 Ujung Padang, Simalungun, Sumut, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan keagamaan umat Islam ini dihadiri Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Danrem 022/PT diwakili Lekol Arm Didit  Prastyo (Kasilog), Dandim 0207 diwakili Kapten Inf Prawoto, Kapolres diwakili AKP Restuadi, Ketua Pengadilan Agama Nuzul Lubis dan Kakan Kemenag Simalungun, Dr. Ahmad Sofian.

Bupati Simalungun dalam sambutannya antara lain memyampaikan, melalui momen Maulid memperat silahturrahmi antara pemerintah dan masyarakat.

“Dan inilah yang saat ini kita jalankan di dalam pemerintahan. Harapan tentu, peringatan Maulid ini jangan hanya acara seremonial, tetapi mari kita wujudnyatakan di dalam kehidupan kita sehari-hari,” ajak Bupati.

Sisi lain, bupati meyampaikan bahwa Kabupaten Simalungun saat ini tidak dalam kondisi baik-baik saja, terutama dalam hal narkoba.

Simalungun sudah sangat mengkhawatirkan dalam peredaran Narkoba. “Untuk itu, saya mengajak kita semua, melalui momen Maulid ini, mari sama-sama kita entaskan peredaran dan mencegah narkoba ini di Simalungun,” ajak bupati.

Menurut bupati, Narkoba saat ini sudah sangat berbahaya, mental anak-anak menjadi rusak, keamanan dan ketertiban menjadi tertanggu. “Inilah dampak dari bahaya narkoba,” tandas bupati.

Sebelumnya, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah dan panitia serta seluruh masyarakat atas pelaksanaan peringatan maulid.

“Kami berharap, peringatan ini tidak hanya sekedar seremoni, akan tetapi merupakan momentum penting untuk meneladani Nabi Besar Muhammad,” kata Timbul.

“Kita tidak hanya sekedar berkumpul,  tapi lewat peringatan ini,  bagaimana iman kita semakin tumbuh dan berkembang, sehingga satu sama lain saling mencintai,” ujar Timbul.

Kemudian, Timbul mengajak masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah Simalungun.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut diawali dengan salawat Al Ijratul dibawakan oleh siswa/i SMA Negeri 1 Ujung Padang.

Selanjutnya dilaksanakan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Basti Rizki Sinaga, dengan saritilawah disampaikan oleh Salwa Nabila Az Zahra. Doa pembuka di bawakan oleh Ketua MUI Simalungun H Ki Darjat Purba.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diakhiri penyampaian tausyah oleh Al Ustadz Anugrah Cahyadi (Ucai). Dihadiri sekitar 1500 massa, terdiri dari para ASN, ormas Islam dan Masyarakat.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim sebanyak 50 orang.

Dilokasi acara itu juga di gelar layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Simalungun, dan layanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan.

Ada ada stand bazar produk unggulan UMK Kecamatan Ujung Padang, dan pasar murah yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan harga Rp25.000,- per paket.

Pasar murah ini menyediakan 200 paket. Dimana setiap paketnya berisikan minyak makan 1 liter, tepung roti 1 Kg,  gula pasir 1 Kg dan 1 kaleng susu kental manis. Pasar murah ini menyediakan 200 paket.