Toba, Sumut, Fokus24.id-Diguyur hujan yang cukup deras di wilayah Kabupaten Toba, Sabtu (27/08/2022) sekira jam 17.30 WIB, hingga Minggu (28/08/2022) sekira jam 04.00 WIB, mengakibatkan terjadi bencana longsor hingga menutup ruas jalan lintas Sumatera.

Peristiwa tersebut terjadi di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, akibatnya ruas jalinsum putus total beberapa jam lamanya.

Informasi dihimpun, longsor berasal dari gunung sisi kanan Jalinsum yang membawa material lumpur bercampur bebatuan serta kayu pohon tumbang.

Dampaknya, terjadi kemacetan total hingga puluhan kilometer. Rudi Sitorus (41) warga sekitar, longsor datang secara tiba-tiba disaat curah hujan deras pada malam hari.

“Kejadiannya sekira jam 2.00 WIB. Saat itu saya mendengar suara gemuruh reruntuhan. Sontak saya langsung keluar dari rumah untuk mengeceknya dan ternyata gunung disisi kanan Jalinsum sudah longsor dan macet kendaraan sudah panjang,” sebut Rudi Sitorus.

Wakapolres Turun ke Lokasi Longsor

Tak lama berselang, Kapolres Toba melalui Wakapolres, Kompol Lamin, langsung turun ke lokasi bersama anggota melakukan pengamanan dan pembersihan material tanah longsor dari ruas jalan dengan menurunkan dua unit alat berat.

Sekira jam 8.00 WIB, jalan sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup, namun kendaraan tetap diminta berhati hati karena jalan sangat licin akibat sisa lumpur longsoran.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada menelan korban jiwa, namun berjarak sekitar 200 meter dari lokasi kejadian ada satu unit rumah permanen diterjang badai banjir sungai dan longsoran material gunung,

"Rumah tersebut hancur 90% karena posisi bangunan berada persis berdekatan di tepian sungai pada jembatan ruas Jalinsum desa Jangga." Ungkap Lamin.

(Christian)