Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Kerugian masyarakat akibat banjir Binanga Bolon di Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun beberapa bulan lalu ternyata sudah dicairkan BPPD Simalungun.

"Dananya sudah cair dari BPPD Simalungun dan sudah di serahkan kepada warga, kalau totalnya ngak ingat aku bang,"Kata sumber kepada awak media, Senin (05/08/2024).

Sementara banjir Binaga bolon itu bukan bencana alam, tapi pengusaha JD yang membuat bendungan di atas. Akibat bendungan tidak bisa menampung air maka terjadi banjir bandang,

"Ulah pemborong, menapa dananya ditampung BPPD Simalungun. RHS berspekulasi." Bebernya.

Camat Haranggaol Horisan ketika di konfirmasi via telepon sekira jam 10.67 WIB membenarkan dana bantuan untuk masyarakat banjir di binanga bolon sudah cairkan Pemkab Simalungun.

“Sumber dananya dari APBD Simalungun, kalau totalnya kurang ingat. Itu merupakan bencana alam. Itu laporan pangulu purba pasir." jawabnya. 

Senada, Sekretaris BPPD Simalungun Manaor Silalahi ketika juga membenarkan bantuan untuk masyarakat akibat banjir binanga bolon sudah cair dari BPPD Simalungun.

"Kami tidak mencari penyebab, kenapa bisa banjir di binanga bolon, tugas kami hanya mencairkan dana bencana, angkanya saya tidak ingat."Pungkas Manaor Silalahi. 

(jun)