Tapanuli Utara Fokus24.id-Tingginya intensitas hujan melanda sejumlah wilayah Kabupaten Tapanuli Utara mengakibatkan Jalan Propinsi menghubungkan Kecamatan Siborongborong dengan Sipahutar tepatnya di Dusun Urat Ni Huta Desa Huta Bulu putus total, Senin (14/03/2022).

Akibatnya, transportasi dari dan menuju kedua Kecamatan tersebut putus total. Putusnya akses jalan tersebut diakibatkan tebing gunung yang berada di pinggir jalan mengalami  longsor dan menimbun keseluruhan badan jalan.

Panjang jalan yang tertimbun longsoran gunung tak tanggung-tanggung, di perkirakan hingga mencapai 30 meter dan ketinggian tanah diperkirakan satu hingga satu setengah meter.

Kapolres Taput melalui Kasi Humas Aiptu W. Baringbing membenarkan peristiwa tersebut. Terjadinya longsor tersebut Selasa (15/3) dini hari pagi.

Saat ini, Alat berat dari UPT Bina Marga Propinsi Sumut  masih bekerja dilapangan untuk melakukan penanggulangan. 

Mengingat bahwa jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dari tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Sipahutar Kecamatan Pangaribuan dan Kecamatan Garoga, pihak Bina Marga Propinsi Sumatera Utara pun bekerja dengan ekstra saat ini di lapangan. 

"Saat ini kondisi jalan sudah mulai bisa di lalui kenderaan dengan satu arah sistim buka tutup. Sejumlah petugas dari Polres Taput dan Polsek Siborongborong masih berjaga-jaga dilokasi untuk mengatur kelancaran lalu lintas" Sebut Baringbing 

(Patar Lumban Gaol)