Taput, Sumut, Fokus24.id-Ribuan Pomparan Borsak Sirumonggur Lumbantoruan menggelar Doa bersama dan deklarasi dukungan memenangkan Dr Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat dengan Dr Deni P Lumbantoruan (JTP-DENS) pada Pilkada Tapanuli Utara (Taput) Senin (16/09/2024) di Sopo Godang HKBP Immanuel Sipultak Kecamatan Pagaran.

Acara tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kebulatan tekad dan dukungan kepada Dr. Deni Parlindungan Lumbantoruan ST.M Eng Ph.D selaku keturunan Borsak Sirumonggur untuk maju sebagai calon wakil Bupati Taput mendampingi Dr. Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat SSi, MSi di Pilkada yang akan dilaksanakan pada Nopember mendatang.

Pantauan media, acara yang penuh kekeluargaan ini diawali kebaktian singkat dan menyanyikan lagu pujian dan dikemas dengan acara adat Batak dengan pemberian Ulos dan penyematan Peci borhat borhat terhadap Paslon JTP -DENS.

Acara adat Batak borhat borhat ini dipimpin oleh penatua marga Sihombing M. Sihombing (Op. Jujur) dipandu ketua Panitia Alamsyah Lumbantoruan.

Setiba dilokasi kegiatan, JTP didampingi istri boru Purba, Deni P. Lumbantoruan bersama istri boru Malau beserta rombongan disambut dengan hangat oleh warga dengan tari tarian.

Pada kesempatan itu Warga yang tergabung dalam komunitas Borsak Sirumonggur dengan antusias menyampaikan aspirasi dan harapan mereka untuk masa depan Tapanuli Utara yang lebih baik.

Beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat serta ibu-ibu dan pemuda setempat termasuk pengurus Borsak Sirumonggur Sedunia bersepakat untuk mengkawal dan memenangkan suara JTP -DENS di Pilkada nanti.

"Borhat ma hamu amang mangihuton pemilihan Bupati Nananeng ro. Jala ikkon monang ma Hamu maralohon musu, Talu maralohon Dongan. (Berangkatlah kalian ikuti Pilkada Taput 2024. Menang menghadapi musuh, tetapi kalah menghadapi teman pendukung" ujar Op Jujur Sihombing seraya memakaikan ulos dan peci borhat borhat JTP - DENS.

Usai penyerahan Ulos dan Peci borhat borhat, acara dilanjutkan makan bersama Paslon JTP DENS di lokasi itu dan kata sambutan dari berbagai punguan (Perkumpulan Marga).

Janter Nababan selaku sekretaris panitia menyebut acara itu digelar sebagai bentuk dukungan terhadap Deni Lumbantoruan untuk mendampingi JTP di Pilkada Taput.

Dia juga menyebut, acara itu sengaja digelar untuk menolak praktek politik dinasti yang dipertontonkan pihak lain.

Untuk itu dia berharap supaya keturunan Borsak Sirumonggur bersatu untuk merobohkan politik dinasti di Taput dengan memilih paslon JTP-DENS.

"Mari dukung JTP-DENS hancurkan praktek politik dinasti, sebab Taput bukan milik keluarga tertentu melainkan milik semua warga Taput", ujarnya disambut teriakan ribuan warga.

Hal senada juga disampaikan Usdek Nababan selaku ketua Umum generasi muda Nababan se Dunia sepakat merobohkan dan tidak membiarkan tembok dinasti politik di Taput.

Sementara itu JTP-DENS dalam orasi politiknya terlebih dahulu melantunkan lagu favoritnya berjudul "Sapala Naung Hupillit' dilanjutkan perkenalan diri.

Pada perkenalan diri itu, JTP menyebut dirinya merupakan bagian dari Bere di Komunitas Toga Sihombing.

Dalam orasinya, JTP mengaku sudah menjalani seluruh Desa/Kelurahan di Tapanuli Utara yang menjadikan dasar dirinya memantapkan diri maju sebagai Bupati Taput

"Sudah semua Desa dan Kelurahan di Taput kami kunjungi, Kami melihat semangat masyarakat di desa itu untuk perubahan perubahan yang lebih baik, diantaranya. Perobahan konsep pembangunan, Perobahan terhadap sosok Pemimpin. Inilah yang kami tangkap dan mendasari memantapkan komitmen saya bersama bapak Deni Lumbantoruan maju di Pilkada nanti," ujarnya.

Dia juga menyakinkan warga bahwa dirinya akan menjaga kepercayaan yang diberikan kepada mereka.

"Kepercayaan warga yang diamanahkan kepada kami tidak akan sia sia, kami  berencana melakukan terobosan. terobosan untuk masyarakat lebih sejahtera dan sesuai program pemerintah pusat masyarakat harus sehat". tandasnya.

Ia juga menjelaskan kalau dirinya berani mengundurkan diri dari anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara demi cita citanya membangun kampung halaman tempat kelahirannya Tapanuli Utara.

Tak lupa JTP mohon doa kepada warga agar senantiasa mereka dilindungi Tuhan dan dijauhi dari niat sirik sekaligus mengajak warga supaya sepakat mendukung gerakan Perobahan dan hancurkan oligarki politik di Taput

Sementara calon Wakil Bupati Taput Deni P. Lumbantoruan mengucapkan terimakasih atas dukungan keturunan Borsak Sirumonggur.

Dalam orasi politiknya, Deni menitik beratkan pembangunan pada sektor Pendidikan, Pertanian, Pariwisata.
Khusus pendidikan, Deni mengungkapkan mereka akan menjauhkan kepala sekolah dari intervensi politik pemerintah.

Dia juga menyebut kalau pihaknya  berencana akan melanjutkan program mantan Bupati Torang Lumbantobing mendirikan SMA unggulan di Taput dengan menjalin komunikasi kepada pemerintah provinsi.

"Selain itu saya bersama JTP akan menyediakan beasiswa tidak hanya pada jenjang SMA akan tetapi hingga ke tingkat perguruan tinggi". Ungkap Deni.

(Patar Lumban Gaol)