Taput, Sumut, Fokus24.id-Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Ir Jerri Sambuaga bersama Anggota DPR RI dari Partai Golkar Ir Lamhot Sinaga didampingi Pj Bupati Tapanuli Utara Dr Dimposma Sihombing melakukan peninjauan Pasar Tarutung Tapanuli Utara, Kamis, (05/09/2024).

Dalam kunjungan Kerjanya Ir Jerry Sambuaga melihat langsung kondisi pasar Tarutung pasca bencana kebakaran yang terjadi pada bulan april 2024 yang lalu sekaligus menyapa para pedagang pasar sembari mengecek harga sembako.

Usai melakukan peninjauan, Jerri Sambuaga kepada wartawan mengungkapkan kunjungannya merupakan tindak lanjut usulan Pj. Bupati Taput Dimposma Sihombing yang disampaikan kepada Kementerian Perdagangan untuk pembangunan pasar Tarutung sebesar 75 milyar rupiah.

"Sesuai masukan masukan dan aspirasi yang disampaikan Pj. Bupati, kita akan memberi perhatian dan mengagendakan pembangunan Pasar Tarutung untuk tahun anggaran 2025 sesuai dengan prosedur yang berlaku agar aktifitas pedagang dapat berjalan kembali dengan baik" imbuh Jerry.

Lamhot Sinaga anggota DPR RI menjelaskan pihaknya akan menindaklajuti usulan Pj Bupati Taput Dimposma Sihombing agar dana pembangunan Pasar Tarutung tahun anggaran 2025 dapat tertampung.

Sementara itu Pj Bupati Dimposma menyampaikan apresiasinya kepada Wamen dan Lamhot Sinaga atas kolaborasinya berdiskusi mengenai pembangunan sarana pasar.

"Dan inilah tindak lanjut hasil pertemuan saya dengan Kementerian perdagangan pada saat saya baru dilantik sebagai Pj. Bupati Taput" ujar Dimposma

Hari ini ditindak lanjuti Wamen hadir langsung, seyogianya ini bulan tujuh tetapi karena kesibukan sehingga ini terwujud hari ini.

"Kita berharap banyak kepada kementerian perdagangan agar ini terealisasi, kalau wakil menteri itu sudah hadir di lokasi ini saya yakin ini pasti terwujud dikawal Anggota DPR RI Lamhot Sinaga" tandasnya

Diketahui, akibat kebakaran yang terjadi pada 7 April 2024 lalu, sebanyak MK 256 unit balairung, 198 unit kios dan 200 unit undung-undung atau tempat jualan yang terbuat dari atap plastik terpal beserta isinya ludes.

(Patar Lumban Gaol)