Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Junaedi Antonius Sitanggang menghadiri Rapat Persiapan Pelaksanaan PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut di Medan, Senin (26/08/2024).

Rapat langsung dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo melalui video conference. 

Turut hadir, seluruh jajaran Forkompinda Provinsi Sumut, bupati dan wali kota penyelenggara venue, dan seluruh panitia.

Dalam arahannya, Dito menekankan pentingnya ketepatan penggunaan anggaran pada penyelenggaraan PON XXI di Aceh dan Sumut untuk menuju sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses ekonomi daerah.

"Saya mohon terkait dengan penggunaan anggaran semuanya, harus sesuai dan tepat. Jangan sampai ada celah, kita di sini bersama saling menjaga agar penyelenggaraan PON ini bisa dilakukan secara akuntabilitasnya, baik dan menyelamatkan semuanya yang ada di sini," pesan Dito.

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni berharap semua pihak dapat melakukan tugasnya masing-masing secara cermat dan tepat, khususnya terkait penggunaan anggaran agar akuntabilitas penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut, khususnya wilayah Sumut terjaga dengan baik.

"Kita harus lakukan dengan cermat, akuntabilitasnya harus kita jaga baik dari sisi proses, sisi administrasi, dan juga dari sisi pelaksanaan di lapangan. Sesuai arahan Mas Menteri, pembahasan secara detail dan rinci akan kita bahas dari masing-masing bidang," tuturnya.

Sementara itu, Sekda Kota Pematangsiantar Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi mewakili Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA dalam rapat menjelaskan, venue tinju tetap dilaksanakan di Kota Pematangsiantar, 10– 19 September 2024 di Aula Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

“Peralatan dan kebutuhan lapangan dipersiapkan oleh panitia dari PB PON dan provinsi. Kita hanya memfasilitasi tempat dan beberapa hal lainnya,” tambahnya.

PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumut akan dilaksanakan 9-20 September 2024. Akan mempertandingkan 65 cabang olahraga, yakni Aceh menggelar 33 cabang olahraga yang melibatkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial. Sementara, Sumut akan mempertandingkan 34 cabang olahraga dengan 6.618 atlet dan 3.320 oficial. 

(ADV/John)