Sianțar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menyambut baik kegiatan Majelis Ta’lim Xl Axiata (MTXL) berkolaborasi dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (PFI) yang memilih Kota Pematangsiantar untuk penyerahan santunan kepada anak yatim piatu.

Penyerahan Santunan Yatim Piatu Semarak Muharram 1446 H tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Dekranasda Kota Pematangsiantar, Jalan Merdeka, Sabtu (20/07/2024) siang.

"Kegiatan ini merupakan suatu kehormatan dan keberkahan buat Kota Pematangsiantar," sebut dr Susanti.

dr Susanti mengucapkan selamat datang di Kota Pematangsiantar kepada pengurus PFI dan FJPI Sumut yang turut hadir dalam acara tersebut.

Kota Pematangsiantar, kata dr Susanti, ibarat miniatur Indonesia, dengan latar belakang suku, etnis, dan agama yang berbeda. Namun menjadi satu, hidup rukun dan harmonis serta toleran.

"Tahun ini Pematangsianțar mendapat peringkat 11 Kota Paling Toleran di Indonesia, setelah di tahun sebelumnya terpuruk di peringkat 51. Dan kita terus berupaya, agar Kota Pematangsiantar paling tidak masuk di peringkat 10 besar," sebut dr Susanti.

dr Susanti mengutarakan keberagaman menjadi kekuatan untuk membangun Kota Pematangsiantar lebih baik lagi.

dr Susanti menegaskan saat ini Kota Pematangsiantar terus berbenah di segala bidang, terutama di bidang komunikasi dan informatika.

"Dalam rangka menuju Smart City, kami terus bergerak. Saat ini sudah ada 30 titik Wifi gratis sementara yang tersebar di sejumlah tempat, bahkan di rumah ibadah," terang dr Susanti.

Dilanjutkan dr Susanti, Kota Pematangsiantar terus bergerak menuju kota destinasi. Saat ini yang ditawarkan destinasi kesehatan, pendidikan, dan pariwisata dengan sejumlah potensi seperti heritage, wisata alam, dan sebagainya.

Disampaikan dr Susanti, Semarak Muharram 1446 H dengan memberikan santunan kepada anak yatim merupakan salah satu amalan yang dilakukan umat Muslim di bulan Muharram.

Sementara itu, Corporate Communication XL Axiata West Region Aldi Desmet dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Penyerahan Santunan Yatim Piatu Semarak Muharram 1446 H oleh MTXL diadakan serentak di 15 kota di Indonesia. Untuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diadakan di Kota Pematangsiantar.

"Kami sebagai perwakilan Xl Axiata menyalurkan paket berupa santunan, sembako, dan peralatan sekolah kepada anak-anak yatim. Program ini dilakukan setiap tahunnya. Melalui program MTXL, karyawan XL Axiata setiap bulannya menyerahkan zakat dan infaq, yang dikumpulkan MTXL. Dari zakat dan infaq tersebut kita banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial, di antaranya donor darah, penyantunan anak yatim, dan penyediaan air bersih," terangnya.

Hadir dalam acara ini, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Johannes Sihombing SSTP MSi, Penasehat PFI Medan Dr M Said Harahap

Kemudian Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut Nurni Sulaiman, Ketua PFI Medan Riski Cahyadi, pengasuh Panti Asuhan Taruna Melati Muhammadiyah Sapriadi, pengasuh Rumah Peduli Yatim Darut Tauhid Ustadz Mustaqim Efendi, dan lainnya. 

(ADV/John)