Taput, Sumut , Fokus.24-Anggota DPRD Sumatera Utara Jonius Taripar P Hutabarat meyakini bakal mulus memperoleh perahu mengarungi tahapan Pilkada Tapanuli Utara setelah Partai Perindo diprediksi menduduki 6 kursi di lima daerah pemilihan.

Asumsi peringkat kedua perolehan suara di lima dapil setelah PDI Perjuangan diperoleh dari surat berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil perhitungan suara Parpol dan calon anggota DPRD Tapanuli Utara di lima daerah pemilihan oleh KPU pada pemilu 2024.

"Setelah partai kita (Perindo) memperoleh enam kursi itu, sudah modal memuluskan jalan menuju Pilkada depan " kata Jonius kepada belasan wartawan di Tarutung pada Senin (04/02/2024)

Kemudian kata Jonius, selain karena perolehan kursi itu, dukungan dari elemen masyarakat pun hingga hari ini terus mengalir. Khususnya dukungan 100 tokoh masyarakat yang turut memberikan masukan brilian matangkan rencana dia menuju Pilkada 2024.

"Dalam acara ngopi bareng 100 tokoh Tapanuli Utara di Jakarta yang digagas relawan JTP jelas memberi masukan juga dukungan ke kita untuk maju di Pilkada nanti" kata Jonius.

Enam Kursi Perindo Taput

Disadur dari surat berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil perhitungan suara Parpol dan calon anggota DPRD Tapanuli Utara di lima daerah pemilihan oleh KPU pada pemilu 2024 terangkum 6 caleg Partai Perindo yang bakal dilantik sebagai anggota DPRD Tapanuli Utara periode 2024-2029 antara lain.

Dapil I meliputi kecamatan Tarutung,  Siatas Barita dan Adiankoting, Partai Perindo memperoleh total suara sebanyak 3.874 suara dengan caleg peringkat tertinggi Dedi Hendra Hutabarat sebanyak 2.262 suara.

Dapil II meliputi Kecamatan Sipoholon,  Pagaran dan Parmonangan, Perindo memperoleh total suara sebanyak 3.416  suara dengan caleg peringkat tertinggi Poltak Sipahutar sebanyak 1.324 suara.

Dapil III meliputi kecamatan Siborongborong dan Muara, Partai Perindo memperoleh total suara sebanyak 10.354 suara dengan 2 caleg peringkat tertinggi atas nama Jan David Silalahi sebanyak 4.672 suara dan peringkat kursi kedua atas nama Tohonan Lumbantoruan 2.250 suara.

Dapil IV meliputi kecamatan Sipahutar, Pangaribuandan Garoga,  Partai Perindo memperoleh total suara sebanyak 4.839 suara dengan caleg peringkat tertinggi Selamat Pakpahan sebanyak 2.767 suara.

Dan Dapil V meliputi Kecamatan Pahae  Julu, Pahae Jae, Purbatua dan Simangumban, Partai Perindo memperoleh total suara sebanyak 6.945 suara dengan caleg peringkat tertinggi Erwin Evendi Simamora sebanyak 2.196  suara.

Sementara  Swardi Pasaribu, Plt Ketua KPU Tapanuli Utara membenarkan  hasil rekapitulasi perolehan suara Parpol dan perolehan suara Caleg Perindo itu.

Swardi mengatakan hasil tersebut masih akan dibawa ke KPU Sumatera Utara untuk dibacakan dalam agenda rekapitulasi tingkat provinsi di Medan.

"Kotak kontainer hasil rekapitulasi tingkat kabupaten akan diserahkan ke KPU Provinsi pada 04 Maret 2024 untuk selanjutnya akan kami bacakan di rekapitulasi tingkat provinsi. Untuk memastikan kelancaran dan keamanan dalam pengiriman hasil rekapitulasi tersebut, Kapolres Tapanuli Utara AKBP Ernis Sitinjak telah menugaskan personil dalam pengawalan" terang Swardi lewat WhatsApp kepada wartawan

(Patar Lumban Gaol)