Toba, Fokus24.id-Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Audi Murphy Sitorus tidak mengikuti asesmen jabatan tinggi pratama Kabupaten Toba yang diselenggarakan, Senin (20/12/2021) hingga Rabu (23/12/2021). 

Saat Bupati Toba Poltak Sitorus sambangi lokasi asesmen, terlihat kursi untuk Sekdakab Toba kosong. 

Sontak, Poltak Sitorus angkat bicara terkait ketidakhadiran Sekdakab Toba. Ternyata, ia telah menerima surat sakit Sekdakab karena harus berobat ke Medan.

“Iya benar. Tadi pagi saya terima surat dari beliau ia minta ijin pergi ke Medan karena kondisi kesehatan. Ia tidak bisa mengikuti ujian hari ini. Dan langkah-langkah berikutnya akan dilakukan atau diproses dengan SOP yang ada." Kata Bupati Toba Poltak Sitorus.

Walau Bupati Toba Poltak mengatakan bahwa Sekdakab Toba sakit, namun ia tidak mengetahui secara pasti apa penyakitnya sehingga harus berobat ke Medan. 

Informasi yang berhasil dihimpun, malam sebelum asesmen digelar, Sekdakab bersama rombongan Bupati Toba masih mengikuti acara.

“Saya sudah disposisi tadi surat ke BKD. Nanti selanjutnya, akan kita lakukan langkah-langkah yang tepat. Mengenai sakitnya, kita belum tahu,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia tak sanggup memberikan komentar apakah akan ada asesmen khusus terhadap Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus.

“Nanti kita kaji ulang. Kita akan lakukan dengan proses yang benar yang tidak melanggar hukum. Nanti akan kita kaji apakah akan ada asesmen khusus,” terangnya.

Kepala BKD Toba, Kasten Panjaitan menjelaskan bahwa pihaknya akan memeriksa apakah benar kondisi kesehatan Sekda Toba sesuai dengan surat sakit yang dikirimkan sebagai surat ijin.

“Seperti yang dikatakan Pak Bupati tadi, beliau itu ijin, sakit, berobat ke Medan. Jadi, nanti hasil dengan dokter tentu ada itu akan kita minta itu,” (Christian)