Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan Polres Pematang Siantar di Universitas Simalungun (USI), Rabu (24/08/2023) sekitar pukul 08.30 WIB.

Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan program Polri Lestarikan Negeri dengan Penghijauan Sejak Dini secara Serentak dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang dipusatkan di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

dr Susanti dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penanaman pohon tersebut bulan sekadar seremonial, namun sebagai bentuk konkret kepedulian terhadap lingkungan hidup. Dengan ditanam, diharapkan pohon tersebut tumbuh dan berkembang.

"Demikian juga harapan kepada bangsa dan negara, khususnya Kota Pematang Siantar untuk tumbuh dan Siantar berkembang dengan baik. Tentu saja membutuhkan perawatan dan penjagaan dengan kolaborasi dan sinergi," terang wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar itu.

Mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih itu itu menyampaikan apresiasi kepada Polres Pematang Siantar dan jajaran yang telah menginisiasi kegiatan ini. Apresiasi juga disampaikan kepada relawan yang telah berkontribusi dengan sukarela dan penuh dedikasi.

"Kami mengajak Forkopimda untuk terus bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju," pungkas dokter spesialis anak itu.

Sementara itu, Rektor USI Dr Sarintan Efratani Damanik MSi memberikan aplus dan apresiasi kepada Polres Pematang Siantar.

"Kita juga mengapresiasi program Polri yang melestarikan negeri dengan penghijauan dini," katanya.

Masih kata Sarintan, USI mendukung pembangunan, termasuk di bidang lingkungan hidup.

"USI bergerak cepat setelah koordinasi dengan Polres atas izin Yayasan USI," sebut Sarintan.

Menurut Sarintan, 1.000 bibit pohon yang diserahkan ke USI akan ditanam di lingkungan USI dan diserahkan kepada Fakultas Pertanian untuk selanjutnya diserahkan kepada mitra yang ada di Kota Pematang Siantar.

Polres siapkan 1.000 batang pohon. Kita tanam dan serahkan ke FP untuk dibagikan ke mitra yg ada di Kota Pematang Siantar.

"Terima kasih telah percaya kepada Universitas Simalungun," ucap Sarintan.

Sedangkan Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK menerangkan, saat ini ada tiga program Polri. Ketiganya yaitu penghijauan atau reboisasi di seluruh Polres dan Polsek, bantuan sumur bor yaitu tiga titik di Kota Pematang Siantar, dan bantuan literasi atau bantuan buku bacaan kepada anak-anak kurang mampu.

"Bapak Kapolri saat ini berada di Labuan Bajo melakukan penanaman pohon. Kita ikuti melalui zoom," katanya.  

AKBP Yogen mengucapkan syukur karena USI bergerak cepat mempersiapkan kegiatan penanaman pohon.

"Alhamdulillah, Rektor USI gerak cepat. Ada. 1.000 bibit pohon untuk kegiatan Polres Pematang Siantar, dan 100 bibit masing-masing di setiap Polsek. Sehingga ada 1.600 bibit pohon," jelas Yogen.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis dari dr Susanti kepada Rektor USI Sarintan Efratani Damanik dan dari AKBP Yogen kepada Kapolsek diwakili Kapolsek Siantar Utara AKP Herli Damanik.

Kemudian, dilakukan penanaman bibit pohon di lokasi yang telah disiapkan, dan diakhiri foto bersama.

Turut hadir, Ketua DPRD Kota Pematang Siantar diwakili Fery Sinamo, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematang Siantar Jurist Precisely Sitepu SH MH, Dandim 0207/Simalungun Kapten ARM Muslimin Saragih, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pematang Siantar diwakili Suhardiman SH MH

Kemudian Ketua Yayasan USI diwakili Salmen Purba, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pematang Siantar Dedi Tunasto Setiawan SH, para dekan dan dosen USI, serta PJU Polres Pematang Siantar. 

(ADF/Hot)