Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematang Sianțar dr Susanti Dewayani SpA Sampaikan Pengantar Nota atas Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2024.

Hal itu dilakukan di Gedung Harungguan DPRD Kota Pematang Siantar, Senin (21/08/2023) pagi.

Sambutannya, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kota Pematang Siantar atas kesempatan diberikan untuk menyampaikan Pengantar Nota Atas Rancangan KUA-PPAS APBD Kota Pematang Siantar TA 2024.

"Tentunya dengan harapan, DPRD selanjutnya berkenan membahasnya sesuai mekanisme dan tahapan pembahasan yang telah dijadwalkan, dan selanjutnya DPRD berkenan untuk kita sepakati bersama, untuk ditetapkan menjadi dokumen Kebijakan Umum APBD Tahun Anggaran 2024 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Tahun Anggaran 2024.

Selanjutnya dokumen dimaksud digunakan menjadi pedoman dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Pematang Siantar Tahun Anggaran 2024," sebut wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar ini.

Dijelaskan dr Susanti, penyusunan Rancangan Kebijakan Umum APBD Tahun Anggaran 2024, merupakan implementasi dari Peraturan Wali Kota Pematang Siantar Nomor 19 Tahun 2023 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 yang memuat tentang kondisi ekonomi makro daerah, asumsi-asumsi dasar penyusunan rancangan APBD, laju inflasi, pertumbuhan PDRB, dan asumsi lainnya.

dr Susanti sangat berharap atas tanggapan, kritik, dan saran yang nantinya akan disampaikan DPRD pada tahapan selanjutnya.

"Tentunya ditujukan untuk penyempurnaan Rancangan KUA-PPAS APBD Kota Pematang Siantar Tahun Anggaran 2024, sehingga memberikan kontribusi terbaik terhadap upaya perbaikan di berbagai sektor pembangunan, pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebagai wujud tanggung jawab kita bagi kemajuan daerah dalam meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan aktivitas perekonomian daerah," sebut mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih ini.

Pada kesempatan ini, dr Susanti a juga berharap agar kiranya eksekutif dan legislatif bersama menempuh langkah-langkah untuk percepatan proses pembahasan KUA dan PPAS APBD TA 2024.

"Karena dalam waktu dekat ini, juga diharapkan pembahasan Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 dan pembahasan Rancangan APBD segera dilaksanakan," pungkas dr Susanti.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Timbul Marganda Lingga SH, para Wakil Ketua DPRD, ejumlah anggota DPRD, Plh Sekretaris Daerah Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, dan camat.

(ADF/Hot)