Siantar, Sumut, Fokus24.id-Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar Kusma Erizal Ginting dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematang Siantar Tuangkus Harianja mendatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba.

Penandatanganan MoU berlangsung dalam acara Kegiatan Bulanan TP PKK Kota Pematang Siantar, di aula Kantor TP PKK, Jalan Porsea Pematang Siantar, Selasa (10/01/2023) sekira jam 11.00 WIB.

Tuangkus mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Kota Pematang Siantar telah menyelenggarakan dan mengundang BNN.

BNN, katanya, melihat TP PKK memiliki posisi penting dalam usaha penanganan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba, terutama di kalangan generasi muda dan anak-anak.

BNN berharap dalam setiap program dan aktivitas TP PKK Kota Pematang Siantar, agar menyisipkan materi kampanye dan sosialisasi bahaya narkoba. Mulai tingkat kelurahan, kecamatan, hingga kota.

"Sehingga sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba bisa semakin masif di masyarakat. Ini instruksi presiden bahwa penanganan penyalahgunaan narkoba menjadi tanggungjawab bersama seluruh masyarakat Indonesia," kata Tuangkus.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar Kusma Erizal Ginting dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan pertemuan di awal tahun 2023.

Kepada seluruh pengurus TP PKK Kota Pematang Siantar, Erizal mengajak untuk melakukan aktivitas sesuasi tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

"Berkoordinasilah setiap pokja kepada ketua pokja dan ketua bidang masing-masing. Jika ada hal yang belum dipahami, boleh sampaikan kepada kami untuk kita diskusikan," sebutnya.

Masih kata Erizal, di tahun 2023 ini TP PKK Kota Pematang Siantar akan mengikuti perlombaan ringkas nasional, yaitu Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dan Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

"Mari kita bantu PKK kecamatan dan kelurahan untuk membenahi diri mempersiapkan tim," ajaknya.

Sedangkan untuk perlombaan tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut), lanjutnya, ada delapan kategori. Supervisi, akan dilaksanakan 2 Februari 2023. Oleh karena itu, Erizal kembali mengajak untuk membina kelurahan yang akan disupervisi.

Terkait materi sosialisasi yang disampaikan BNN, kata Erizal, nantinya akan dilanjutkan penyampaiannya ke kelurahan.

"Terima kasih kami ucapkan kepada bapak/ibu dari BNN yang telah meluangkan waktunya dan berkolaborasi dengan TP PKK Kota Pematang Siantar dalam hal pencegahan dan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba," ucap Erizal.

"Semoga ke depan kita lebih baik lagi. Mari kita dukung pemerintah untuk mencapai visi Kota Pematang Siantar yaitu Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," sambungnya.