Sergai, Sumut, Fokus24.id-Dengan mengendarai motor trail, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, menyusuri beberapa lokasi banjir di Kecamatan Sei Rampah dan Tanjung Beringin, Selasa (13/12/2022).

Dari 8 (delapan) kecamatan yang terdampak banjir, terdapat 2 (dua) kecamatan terparah terkena dampak banjir akibat curah hujan yang tinggi  selama 4 hari belakangan.

Bersama dengan rombongan, Bupati meninjau berbagai posko yang telah didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sergai. Mulai dari Desa Belidaan, Kampung Pala, Pelintahan, hingga Desa Pekan Tanjung Beringin. 

Selain itu, pihaknya juga menurunkan truk pengangkut milik Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk membantu mobilitas warga yang keluar masuk Kecamatan Tanjung Beringin sekitarnya.

Hal ini dikarenakan ketinggian air yang mencapai pimggang orang dewasa.

Bupati juga menyebut bahwa di tengah bencana banjir, tentu makanan yang ada ala kadarnya seperti ini. Namun sudah pasti nikmat lah.

"Kedatangan kami ini, lanjutnya, membawa bantuan beras semoga cukup untuk 2-3 hari ke depan sebagai persediaan," cetusnya.

Tak lupa Bupati juga mengimbau kepada para orangtua untuk tidak membiarkan anak-anak mendekat sungai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Anak-anak tolong dipantau dan dijaga agar tidak bermain di arus yang deras dan dekat sungai ya," pesannya.

Berdasarkan data dari BPBD Sergai per 12 Desember, sebanyak 13.190 KK terdampak banjir dengan total 46.132 jiwa yang tersebar di 8 kecamatan. 

Plt Kalak BPBD Sergai menyebut pihaknya juga sudah mendirikan posko seeta membantu mobilitas waega dengan perahu karet.  

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Sumut untuk bantuan perahu karet yang penting untuk membantu transportasi masyarakat," ucapnya.

(Nurgahana Sitompul)