Jakarta, Fokus24.id

Instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta tidak sowan ke ormas yang bermasalah, ditanggapi Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan, Jumat (03/12/2021).

Pihaknya mengapresiasi yang disampaikan Presiden Jokowi. Jajarannya, siap melaksanakan dan sudah laksanakan jauh-jauh hari sebelumnya sesuai dengan perintah Kapolda Metro Jaya,

"Apa yang disampaikan oleh Pak Presiden itu luar biasa. Kita siap melaksanakan dan jauh jauh hari sebelumnya sudah dilaksanakan Bapak Kapolda." kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan, kepada wartawan.

Pihaknya juga sudah menindak ormas bermasalah tanpa sowan ke pimpinannya terlebih dahulu. Ia pun mencontohkan, salah satu penindakan tegas terhadap ormas yakni Pemuda Pancasila yang beberapa waktu lalu mengkeroyok polisi.

"Melakukan langkah penegakan hukum yang berkeadilan tidak perlu sowan-sowan ke ormas, buat apa? Kalau ormasnya salah kita tindak seperti Pemuda Pancasila salah kami tindak. FBR salah ditindak. Tidak perlu sowan-sowan," tegas Kabid Humas.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku heran dengan jajarannya di Korps Bhayangkara yang kepergok sowan ke ormas yang bermasalah.

"Saya tanya ke kapolres. Kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif. Tapi apakah cara ini betul? Hati-hati, jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum,"

"Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan," ujar Presiden Jokowi kemarin, Jumat (03/12/2021).

(Nando T)