Toba, Sumut, Fokus24.id-Tim atlet Wushu SMP Yayasan Bonapasogit Sejahtera berhasil meraih 5 Medali di kejuaraan Open Championship Wushu Sanda 2022.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna pada tanggal 23-27 Maret 2022 lalu di GOR Dinas Pemuda dan Olahraga, Medan, Sumatera Utara.

Enam siswa/i yang tergabung dalam tim atlet Wushu SMP YBS berpartisipasi di kejuaraan ini dan meraih medali diantaranya, Yolanda Hutapea meraih Medali Emas, Raelisa Manurung meraih Medali Perak.

Kemudian, Yosua Butarbutar meraih Medali Perak, George Morales meraih Medali Perunggu, Jhon Felix meraih Medali Perunggu dan Winny Sitepu.

Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan Toba Pulp Lestari (TPL) yang turut hadir berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

Sebelumnya, TPL memberikan dukungan berupa Perangkat Matras Bela Diri sebanyak 30 Unit untuk membantu meningkatkan para latihan dan persiapan atlet dan mendukung transportasi pada saat kompetisi diluar kota.

Dukungan ini kemudian berlanjut dengan pemberian apresiasi dan hadiah kepada para atlet kejuaraan tingkat nasional yang berprestasi.

Yolanda Hutapea (12), yang kesehariannya merupakan siswi kelas VIII SMP YBS tidak menyangka dapat memenangkan medali emas.

Awalnya, Yolanda sempat merasa tidak yakin sebab walaupun sudah menekuni Wushu sejak umur 8 tahun, baru kali ini Yolanda mengikuti kejuaraan resmi.

Namun, dia mendapatkan dorongan dari orang-orang di sekitarnya termasuk orangtua dan guru serta pelatih di sekolah.

"Terimakasih kepada pihak sekolah dan pelatihan yang sudah mengajarkan. Saya berjanji akan terus berlatih untuk kejuaran nasional bahkan internasional, terimakasih juga kepada TPL yang sudah mendukung kegiatan ekstrakurikuler Wushu ini,” sebut Yolanda.

Pelatih tim atlet Wushu SMP YBS, Jhon Ginting, didampingi Koordinator YBS, Roselly Simanjuntak, mengapresiasi dukungan TPL terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Toba.

Beliau menyampaikan bahwa rangkaian dukungan ini merupakan faktor penting yang dilakukan untuk menopang siswa/i yang mengikuti kejuaraan Wushu.

Jhon sendiri yang merupakan mantan atlet wushu berprestasi skala internasional, menjadi guru sekaligus pelatih siswa/i ingin menanamkan nilai karakter Wushu kepada siswa/i YBS sejak dini.

Ditambahkan Jhon, YBS sebagai wadah siap mendorong keberhasilan anak didiknya serta ingin menghasilkan generasi penerus bangsa yang berprestasi baik dibidang akademik, olahraga dan seni.

Hal ini terbukti dari berbagai prestasi-prestasi yang dicapai oleh para siswa-siswi selama ini yang tidak terlepas dari dukungan Ketua YBS, Juanda Panjaitan, seluruh tenaga pendidik yang sangat solid dalam mendukung semua aktivitas anak didiknya dan juga para orangtua.

Prestasi yang diraih YBS di cabang olahraga Wushu sendiri sudah banyak, baik di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional diantara lain yaitu,

1. Medali Emas pada Kejurnas Wushu junior di Pangkal Pinang
2. Medali Emas Lomba Wushu Antar Guru/Pelatih Tingkat Nasional
3. Medali Perunggu pada Kejuaraan Internasional Wushu Junior Championships Brunai Darussalam di Brunei Darusalam
4. Medali Emas pada cabang olahraga Wushu Sanda pada Kejuaraan Nasional Wushu All Games di Jakarta, 05-11 Desember 2021.

Selain itu di tahun 2022, YBS juga meraih prestasi melalui 3 orang siswa yang meraih Medali Perunggu pada Lomba Sains Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional untuk bidang IPA dan Matematika unit SD, bidang Matematika unit SMP.

Kemudian, sebanyak  16 orang siswa SMP YBS diterima ke SMA Unggulan Yayasan Tunas Bangsa (jumlah terbanyak) dan 8 orang siswa lulus tes akademik ke SMA Unggul DEL.

Direktur TPL, Jandres Silalahi, mengatakan bahwa dukungan dan apresiasi yang diberikan oleh perusahaan ini sejakan dengan program Pemerintah Kabupaten Toba unggul dan bersinar dalam memberdayakan sumber daya manusia.

Jandres berharap, perusahaan dapat memberikan yang terbaik untuk kemajuan dunia pendidikan, terlebih di cabang olahraga Wushu.

(Christian)