Tapanuli Utara, Sumut, Fokus24.id- Satu unit rumah hangus terbakar di Dusun Bonani Onan Desa Parsaoran Janjiangkola Kecamatan Purbatua Kabupaten Taput, Jumat (29/4/2022) sekira pukul 17.00 WIB.

Informasi dihimpun kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah di Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) disebabkan bocornya gas LPG 3 kg saat pemilik rumah sedang memasak teh.

"Kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah disebabkan bocornya gas LPG 3 kg saat pemilik rumah sedang memasak teh." Jelas Kasi Humas Polres Taput Aiptu W. Baringbing membenarkan peristiwa tersebut.

Sambungnya, pemilik rumah adalah Adi Panggabean (29)." Tambahnya.

Peristiwa berawal ketika Istrinya, Lina Sitompul memasak teh di dapur dan menghidupkankan kompor gas, tiba-tiba api menyala dari kepala gas elpiji tersebut.

"Melihat api menyala, istri korban memanggil suaminya AP keruangan tengah. Setibanya di dapur, AP melihat api sudah menjalar membakar dingding  dapur." Jelas Baringbing

Kemudian AP menyuruh istrinya agar membawa anak-anak nya keluar rumah sedangkan dia berusaha mematikan api. 

"AP berusaha mengangkat gas tersebut dan melemparkannya ke Bak kamar mandi agar tidak sampai meledak." Ujarnya menerangkan lagi.

Sayang, usahanya pun tidak sepenuhnya berhasil, dimana setelah api dari gas mati di bak kamar mandi, ternyata api yang membakar dingding dapur semakin membesar. 

Setelah melihat situasi itu, AP pun keluar rumah dan meminta tolong kepada tetangga sekitar. 

Lalu wargapun berdatangan dan berusaha mengeluarkan barang-barang korban dari rumah sedangkan sebagian lagi warga memadamkan api dengan menyiram pakai air.

Kerja keras masyarakat sekitar yang berusaha memadamkan api dengan menyirami pakai air apa adanya, tidak berhasil dan api semakin membesar.

Setelah sekitar 40 menit kemudian, Mobil Damkar Pemkab pun tiba lalu api bisa dipadamkan namun rumah korban sudah sempat hangus.

Atas peristiwa tersebut, AP selaku pemilik rumah mengalami luka-luka bakar di sekujur tubuh, dimana saat korban berusaha mengangkat dan membuang gas LPG ke bak mandi tubuhnya mengalami kebakaran.

Saat ini AP masih dalam perawatan di Rumah Sakit Daerah Tarutung untuk pengobatan. Sedangkan peristiwa tersebut masih dalam penangan Tim Inafis kita untuk melakukan olah TKP. Tutup Baringbinng.

(Patar Lumban Gaol)