SimalungunFokus24.id-Ketidaktransparanan PDAM Tirtalihou Kabupaten Simalungun tentang biaya pemasangan meteran air minum dikeluhkan masyarakat.

Seperti yang dialami masyarakat Kecamatan Dolok Panribuan baru baru ini, seorang warga mengungkapkan untuk biaya pemasangan meteran air, PDAM Unit Tiga Dolok menetapkan tarif sebesar Rp3.500.000- Rp4.500.000.

"Kami ingin memasukkan air kerumah tapi mahal kali dibuat mereka, padahal menyambung dari pipa samping rumah tetangganya, bukan dari pipa induk, tetap mahal ijinnya." Ungkap seorang wanita mengaku warga setempat, Jumat (14/02/2022).

Karena kemahalan, warga tersebut meminta keringanan biaya, tetapi PDAM Unit Tiga Dolok menolak,

"Tidak mau mereka dengan alasan untuk ijinnya saja sudah Rp3 juta an dan itu disetor langsung ke Pusat katanya." Ucap wanita bertubuh kurus itu.

Sambungnya, "Pergi pun ke Raya supaya bisa kurang harganya, tetap saja tidak bisa kurang, karena yang dikantor PDAM raya menelepon juganya ke unit tigadolok." Beber wanita itu lagi.

Pernah juga wanita tersebut bertanya kepada petugas PDAM Tirtalihou, berapa sebenarnya biaya pemasangan meteran air baru, tetapi petugas air itu tidak mau menjawab.

Terpisah, M Sitinjak seorang wanita yang baru baru ini melakukan pemasangan meteran air minum ke rumahnya juga angkat bicara terkait mahalnya biaya yang ditetapkan PDAM Tirtalihou.

"Baru baru ini kami mengurus pemasangan baru air minumm. Kami membayar Rp3.4 juta tapi hanya sampai meterannya tanggungjawab mereka,"

"Kami harus membeli lagi pipa untuk menyambung  sampai kedalam kamar mandi. Jadi kalau dihitung, untuk biaya pemasangan berkisar Rp3.6 jt". Ucap warga Bandar dolok tersebut.

Mahalnya biaya pemasangan air minum, sejumlah masyarakat meminta kepada Dirut PDAM Tirtalihou Betti Sinaga agar transparan tentang berapa besaran harga pengurusan pemasangan meteran baru air minum.

"Kepada Dirut PDAM Tirtalihou Betti Sinaga, berapa sebenarnya biaya pemasangan meteran air untuk masyarakat karena jelas, ini sangat  kami keluhkan dan merugikan masyarakat." Ucap Sitinjak.

Hingga berita ini terpublikasi, Dirut PDAM Tirtalihou belum berhasil dikonfirmasi berapa sebenarnya biaya pemasangan baru jaringan meteran air di seluruh unit khususnya di unit Kecamatan Dolok Panribuan.

(Gimson S)