Taput Sumut Fokus24.id-Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Upacara Bendera sebagai wujud kesadaran berbangsa dan bernegara bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan Tahanan yang bertempat di lapangan Rutan, Senin (13/05/2024).

Upacara Berbangsa dan Bernegara menjadi salah satu pembinaan rutin yang diberikan kepada warga binaan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung yang dilaksanakan setiap hari Senin guna menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, memperkuat persatuan dan kesatuan berbangsa, serta untuk membiasakan sikap tertib, disiplin dan tanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa.

Kepala Kepolisian Resort Tapanuli Utara AKBP Ernis Sitinjak S.H. S.I.K. selaku Pembina Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa Rutan Kelas IIB Tarutung ini merupakan tempat bagi Warga Binaan untuk dapat memperbaiki diri dari kesalahan-kesalahan sebelumnya. Semua orang harus bertanggung jawab dalam hal semangat kebangsaan dan cinta tanah air Negara Indonesia.

Ernis Sitinjak juga berpesan agar selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan kamar hunian, menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan Tarutung serta menghindari hal-hal yang melanggar tata tertib di Rutan Tarutung dan selalu mengikuti seluruh kegiatan pembinaan yang ada di Rutan Kelas IIB Tarutung.

Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung, Ismet Sitorus mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara AKBP Ernis Sitinjak S.H. S.I.K. atas kesediaannya menjadi Pembina dalam kegiatan Upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara di Rutan Kelas IIB Tarutung. Kami akan terus membangun sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum seperti pada saat ini Kepolisian Resort Tapanuli Utara guna perkuat koordinasi serta berkolaborasi dalam hal upaya deteksi dini resiko gangguan keamanan dan ketertiban maupun pembinaan dan layanan tahanan.

"Kiranya melalui kegiatan Upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara ini, semakin menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air bagi kita terkhusus bagi warga binaan dan Komunikasi, Koordinasi, serta Kolaborasi terus kita jalin dan mempererat hubungan yang erat dengan APH seperti saat ini," ujar Ismet.

(Patar Lumban Gaol/Aman Siregar)