Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Seribu orang mengikuti kegiatan jalan santai yang digelar PTPN IV Regional I Perkebunan Bangun dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia (RI) ke-79, Selasa (13/08/2024) sekira jam 14.00 WIB.

Bersama masyarakat, acara jalan santai dimulai di lapangan komplek Kantor Besar PTPN IV Regional I Perkebunan Bangun Nagori Senio Kecamatan Gunung Malela sampai ke Aula Olah Raga yang jaraknya kurang lebih 2 KM.

Kegiatan ini dihadiri langsung, General Manajer (GM) DSER I, Dani Dian Surya Hasibuan, Manajer Kebun Bangun Sunggul Wandi Sihaloho.

Kemudian dari pihak mewakili pemerintah kecamatan, turut hadir Camat Gunung Malela, Roi G Sidabalok, Pangulu Nagori Serapuh, Nagori Bangun, Nagori Senio serta para karyawan pimpinan kebun.

Sambutannya, GM DSER I mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Manajemen PTPN IV Regional I terhadap hubungan emosional antara perusahaan dengan masyarakat yang berada di sekitaran perkebunan.

"Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara manajemen dengan masyarakat. Kita berikan apresiasi sangat tinggi atas antusias masyarakat yang begitu besar. Semoga tahun berikutnya, kegiatan ini dapat dilaksanakan lebih meriah," katanya.

Sementara itu, Sunggul Wandi Sihaloho mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang berkontribusi atas suksesnya kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat membangun sinergitas antara masyarakat dengan seluruh karyawan yang ada di Kebun Bangun.

"Kami sampaikan terimakasih atas atensi yang luar biasa bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini. Kita berada di titik ini merupakan perjuangan para pahlawan kita terdahulu, patut kita mengheningkan cipta sejenak untuk para pahlawan yang telah berjuang, serta menghargai setiap pengorbanan mereka. Tak mudah bagi para pejuang untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini," ucapnya.

Ditambahkannya, Bangsa Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mengusir penjajahnya dari Bumi Pertiwi. "Mereka (Pahlawan, red) tak hanya berkorban materi, tetapi bertaruh nyawa.

Setiap tetes darah mereka adalah bentuk perjuangan yang nyata. Tak mudah merebut kembali bangsa ini, kita sebagai generasi penerus bangsa berkewajiban membawa bangsa ini jauh lebih baik. Kita harus bergandeng tangan untuk membangun bangsa ini untuk menciptakan Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Roi G Sidabalok mengucapkan suatu hal yang luar biasa atas kegiatan yang diselenggarakan PTPN IV Regional I Kebun Bangun ini karena telah membangun hubungan baik antara warga dengan pihak perkebunan. 

Hal yang terpenting dalam kegiatan ini adalah bagaimana perusahaan juga memberikan hiburan bagi warga Gunung Malela terkhusus masyarakat tang bersinggungan langsung dengan perkebunan.

"Semoga kegiatan ini menjadi titik awal untuk menjalin silaturahmi yang lebih baik, memupuk rasa kebersamaan yang nantinya akan saling menguntungkan. PTPN ini merupakan ujung tombak bagi perekonomian negara ini. Sudah sepantasnya kita sebagai warga untuk saling menjaga apa yang telah menjadi milik negara," kata orang nomor satu di pemerintahan Kecamatan Gunung Malela ini.

Pantauan di lokasi, tampak antusias ribuan peserta jalan santai menikmati kebersamaan menyemarakkan acara menyambut hari kemerdekaan RI.

Antusias semakin terlihat saat pembawa acara mengumumkan penerima hadiah lucky draw berdasarkan nomor undian. Suara riuh dan tepuk tangan peserta membuat acara semakin semarak.

Apalagi setelah puluhan hadiah diterima peserta jalan santai seperti Kulkas, Mesin Cuci, Televisi, Sepeda, Voucher serta puluhan hadiah menarik berupa payung dan botol air minum, membuktikan Manajemen PTPN IV Regional I Kebun Bangun berhasil membuat suasana akrab karyawan dan masyarakat.

(Bahtiar Damanik)