Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan 1445 H serta memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 tahun 2024, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Kanwil Bhakti Sosial.

Kegiatan tersebut diadakan sebagai bagian dari rangkaian perhelatan tahunan perayaan Hari Bakti Pemasyarakatan yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh UPT Pemasyarakatan di Indonesia.

Kegiatan pembagian takjil merupakan sarana yang tepat untuk melatih semangat dan motivasi saling berbagai kepada sesama serta mengharapkan keberkahan di bulan suci Ramadhan ini. Sebanyak 300 paket takjil dibagikan kepada warga sekitar serta masyarakat yang melintasi jalan raya di depan Lapas Pematangsiantar. Kegiatan Bagi Takjil ini dilaksanakan pada Senin, 1 April 2024 Pukul 17.00 Wib. Kepala Lapas Pematangsiantar, M. Pithra Jaya Saragih bersama segenap jajaran terjun langsung ke lapangan bagikan paket takjil kepada Masyarakat yang melintas.

”Di bulan yang penuh berkah ini, momen berbuka puasa merupakan bentuk kebahagiaan bagi yang menjalankannya. Dengan pembagian takjil ini, semangat berbagi dapat mewujudkan kepedulian kami terhadap masyarakat sekitar.

Sehingga masyarakat yang sedang dalam perjalanan kembali dari kerja maupun Musafir yang tengah melintas dapat memiliki makanan pembuka puasa walaupun sedang diperjalan,” ujar Pithra sembari meminpin pembagian takjil agar tetap berjalan dengan tertib.

Momen sederhana seperti ini tentunya sangat bermakna bagi sesama. Nilai kemanusiaan yang diimplementasikan melalui kegiatan ini telah mengokohkan rasa kepedulian social para insan pengayoman yang tidak hanya memasyarakatkan warga binaan melainkan juga memberikan pelayanan rill kepada Masyarakat luas. Kegiatan berbagi yang adakan tentunya dapat memberikan dampak secara langsung bagi kepada yang menerima bahwa berbagi merupakan bentuk peduli bukan tentang materi.

Diharapkan dengan kegiatan bhakti social bagi takjil pemasyarakatan ini, Lapas Pematangsiantar dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan bangsa serta mengisi Bhakti Pemasyarakatan yang yang telah terwujud selama 60 tahun. Dengan demikian Lapas Pematangsiantar dapat menjadi salah satu pionir dalam mewujudkan Pemasyarakatan yang PASTI Berdampak bagi Nusa dan Bangsa.

(Rel/Pas)