Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematangsianțar dr Susanti Dewayani melantik dan mengambil sumpah janji 92 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Administrator,Pengawas, dan Fungsional.

Pelantikan berlangsung di Gedung Serbaguna Pemko Pematangsiantar, Jumat (22/03/2024). 

Diantara pejabat yang dilantik tersebut, satu di antaranya Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSI sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

dr Susanti dalam pidatonya menyampaikan pelantikan tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pematangsiantar. 

Untuk JPT Pratama, Pemko Pematangsiantar telah selesai untuk jabatan Eselon II atau JPT melaksanakan seleksi terbuka sebagaimana diamanatkan Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Pemerintah, serta persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tentang Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemko Pematangsiantar, untuk memberikan kesempatan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi secara nasional, agar memperoleh pegawai yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

“Untuk Pejabat Administrator dan Pengawas yang dilantik hari ini, beberapa Pegawai Negeri Sipil dihunjuk untuk mengisi kekosongan dikarenakan ada pejabat yang sudah memasuki masa purnabakti (pensiun) dan ada beberapa PNS yang dipromosikan dan penyegaran jabatan,” kata dr Susanti.

Selain itu, turut dilantik melantik pejabat fungsional Ahli Pertama dan Ahli Muda dalam rangka optimalisasi peningkatan kinerja di lingkungan Pemko Pematangsiantar.

“Saya berharap kita dapat sama-sama membangun kota yang kita cintai ini agar menjadi Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. upaya ini bukan tanggung jawab satu pihak saja, melainkan tanggung jawab kita Bersama,” tukasnya.

Kepada pejabat yang dilantik, diminta jangan melupakan sumpah/janji. Sebab sumpah/janji yang diucapkan, disaksikan oleh diri sendiri, oleh semua yang hadir, dan yang paling utama disaksikan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

“Terimalah jabatan ini sebagai amanah, bekerjalah dengan disiplin, profesionalisme dalam bekerja tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras atau golongan,” pesan dr Susanti.

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pematangsiantar Timbul Hamonangan Simanjuntak SAP MSP dalam laporannya menyampaikan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, dan Fungsional di lingkungan Pemko Pematangsiantar berdasarkan Surat Rekomendasi Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor: B-1061/JP.00.00/03/2024 Tanggal 19 Maret 2024 hal: Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemko Pematangsiantar; Surat Rekomendasi Gubernur Sumatera Utara Nomor: 800.1.3.3/27/2024 Tanggal 21 Maret 2024 hal: Persetujuan Pengangkatan dan Pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar; Surat Keputusan Wali Kota Pematangsiantar Nomor: 800.1.3.3/553/III/2024 Tanggal 21 Maret 2024 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil ke Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama; dan Surat Keputusan Wali Kota Pematangsiantar Nomor: 800.1.3.3/554/III/2024 Tanggal 21 Maret 2024 tentang Promosi dan Mutasi Pegawai Negeri Sipil ke Dalam jabatan Administrasi.

Masih kata Timbul, pejabat yang dilantik dan diambil sumpah/janjinya terdiri atas: Eselon II.A sebanyak 1 orang; Eselon II.B sebanyak 4 orang; Eselon III.A sebanyak 22 orang; Eselon Iii.B sebanyak 14 orang; Eselon IV.A sebanyak 42 orang; Eselon IV.B sebanyak 1 orang; serta Pejabat Fungsional sebanyak 8 orang.

“Total keseluruhan 92 orang,” sebut Timbul.

Setelah pelantikan, dilakukan Penandatanganan Pakta Integritas dan berita acara. Pelantikan dan pengambilan sumpah disaksikan oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely dan Kepala Inspektorat Herry Oktarizal SH. Hadir juga, Pj Sekda Kota Pematangsiantar Dwi Aries Sudarto SH MH.

Selain Junaedi Sitanggang, pejabat lainnya yang dilantik antara lain, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnakes) Robert Sitanggang SSTP; Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sofian Purba SSos; Kadis Pariwisata Muhammad Hamam Sholeh AP; Kadis Pendidikan Muhammad Hamdani Lubis; termasuk sejumlah camat dan lurah. 

(ADV/John)