Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA resmi menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tingkat Kecamatan Siantar Utara Tahun 2024, Sabtu (13/01/2024).

Giat dilaksanakan di halaman Kantor Camat Siantar Utara, Jalan Patuan Anggi. Di event yang digelar 11-13 Januari 2024 itu, Kelurahan Martoba meraih juara umum.  

Sambutannya, dr Susanti menyampaikan pelaksanaan MTQ bukan semata-mata wahana perlombaan untuk pertandingan di dalam membaca Alquran. 

Namun lebih merupakan jalan untuk mengedukasi masyarakat keseluruhan, khususnya masyarakat Kecamatan Siantar Utara. Di mana kegiatan ini lebih mengarah untuk semakin mencintai dan membumikan Alquran.

"Kemudian, untuk meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka serta merupakan bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak umat Islam, khususnya di Kota Pematang Siantar. Melalui kegiatan MTQ ini juga diharapkan terciptanya nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan antar kafilah dan peserta di arena MTQ," sebut dr Susanti.

Menurut dr Susanti, kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Utara dari sisi penyelenggaraan dan pelaksanaan semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Terutama dalam cabang maupun golongan yang dipertandingkan.

"Ini menunjukkan perhatian dan dukungan yang penuh dari Pemerintah Kota Pematang Siantar di dalam meningkatkan kegiatan MTQ demi mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak yang Qurani," terangnya.

Dalam kesempatan ini, dr Susanti mengucapkan selamat kepada peserta yang meraih juara. Ia berpesan agar jangan terus berbangga hati karena keberhasilan ini adalah awal untuk meraih keberhasilan yang lebih tinggi. 

Serta diminta terus berlatih agar dapat meraih prestasi pada ajang yang lebih tinggi, seperti MTQ Tingkat Kota Pematang Siantar dan Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Sedangkan kepada peserta yang belum mendapatkan juara, jangan berkecil hati. Jadikanlah kegagalan ini sebagai motivasi untuk meraih prestasi di masa akan datang," pesannya.

Sementara itu, Camat Siantar Utara Irwansyah Saragih SSos MSi menerangkan, pelaksanaan MTQ ke-53 Tingkat Kecamatan Siantar Utara merupakan wahana pengembangan tilawah serta pendalaman Alquran. 

Ia pun menyampaikan rasa syukur, bahagia, bangga, serta apresiasi atas penyelenggaraan MTQ, yang merupakan salah satu upaya memacu mengembangkan tilawah kemampuan anak didik serta membumikan Alquran dalam mewujudkan Kota Pematang Siantar yang ber-Akhlakul Karimah.

Penutupan MTQ ke-53 Tingkat Kecamatan Siantar Utara Tahun 2024 diisi dengan penyerahan hadiah, trofi, dan uang pembinaan kepada para pemenang, dan diakhiri penyerahan trofi bergilir kepada Kelurahan Martoba yang menjadi Juara Umum

Hadir dalam penutupan MTQ tersebut, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pematang Siantar Hamdani Lubis SH, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Kadis Ketapang) Drs Pardamean L Manurung, anggota DPRD Kota Pematang Siantar Nurlela Sikumbang.

Kemudian Dewan Pengawas Perumda Tirta Uli Aris SH MH, Dewan Masjid Kecamatan Siantar Utara Missiadi, Ketua BKMT Kota Pematang Siantar Hj Ernayati Saragih, Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Utara Ny Rina Irwansyah Saragih, Danramil O1/Siantar Utara. 

Selanjutnya Kapolsek Siantar Utara AKP Herli Damanik, Kepala KUA Siantar Utara Drs Masjudan Pulungan, Ketua LPTQ Siantar Utara Muhammad Rusli SPd MPd, Ketua BKMT Siantar Utara Mahda Nasution, Ketua UMKM Indonesia Bersinar Fitrah SP, dan para lurah se-Kecamatan Siantar Utara.

(ADV/Putri)