Taput, Sumut, Fokus24.id-Satika Simamora, Ketua TP-PKK Taput hadiri sosialisasi percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan Dinas  PPKBP3A Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) di Sopo Partungkoan Tarutung, Rabu (6/12/20223).

Satika Simamora dalam arahannya mengatakan, perlunya peran serta organisasi masyarakat dan kepemudaan dalam sosialisasi percepatan Penurunan Stunting.

"Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, untuk itu konsep penta-helix yaitu melibatkan unsur pemerintah, akademisi, organisasi, dan media  dalam sosialisasi Penurunan Stunting di tengah-tengah masyarakat," terang Satika Simamora.

Lanjutnya, organisasi masyarakat dan kepemudaan diharapkan menjadi duta dalam percepatan penurunan stunting, bagaimana asupan pola gizi tercukupi, pola sehat dalam keluarga dan lingkungan sehat.

"Perlu dilakukan perubahan perilaku didalam keluarga cara mencegah terjadinya anak stunting yaitu melalui perbaikan pengetahuan, sikap dan perilaku keluarga," ucap Satika  Simamora.

Sebelumnya, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang diwakilkan Asisten Pemerintahan  Bahal Simanjuntak dalam arahannya mengatakan, peningkatan kualitas manusia merupakan salah satu visi pemerintah kabupaten Tapanuli Utara.

"Masalah stunting merupakan salah satu penghambat dalam pembangunan manusia, untuk itu target pembangunan kesehatan melalui upaya percepatan penurunan stunting merupakan yang utama dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di Tapanuli Utara," ucap Bahal Simanjuntak.

Dikatakan penyebab stunting secara langsung karena  kurangnya asupan gizi secara terus-menerus dan penyebab tidak langsung di sebabkan pola asupan makanan yang tidak seimbang, pola perawatan anak tidak baik dan juga lingkungan yang tidak sehat.

Sementara Kepala Dinas PPKBP3A Taput, Donna Situmeang menjelaskan,  pemkab Taput memperioritaskan pencegahan stunting untuk peningkatan kualitas manusia sesuai dengan salah satu visi pemerintah kabupaten Tapanuli Utara

"Jumlah angka stunting di Taput sudah menurun dan pemkab Taput  mendapat penghargaan sebagai kabupaten terbaik dalam pengelolaan dan pencegahan serta penurunan stunting." terang Donna Situmeang.

Diharapkan  dengan Kolaborasi dalam upaya sosialisasi lewat Konsep Penta-helix dapat mempercepat penurunan stunting  di kabupaten Tapanuli Utara.

(Aman Siregar)