Taput Sumut Fokus24.id-PT Inalum melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di wilayah sekitar kawasan Danau Toba memberikan bantuan mobiler sebanyak 327 set (meja dan kursi) ke- 5 sekolah SD di Taput.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SD yang dilaksanakan di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara (01/02/2023).

Adapun 5 Sekolah Dasar yang mendapatkan bantuan mobiler adalah SD Negeri 173160 Lobu Haminjon  Kecamatan Adiankoting, SD Negeri 173154 Banuaji Kec. Adiankoting, SD Negeri 173215 Garoga Jae.

Kemudian Kecamatan Garoga, SD Negeri 173218 Pearaja Kecamatan Garoga dan SD Negeri 174584 Pansorminan Kecamatan Pangaribuan.

Vice President CSR PLTA PT Inalum (Persero) Zainuddin Iqbal Sidabutar Silalahi dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan dari Kementerian BUMN, selain PT Inalum (Persero) melaksanakan operasional perusahaan, Inalum diminta untuk membantu masyarakat sekitar dalam bentuk CSR/TJSL di daerah operasional Perusahaan.

Pada akhir sambutannya, Zainuddin menyampaikan agar bantuan mobiler yang diserahkan ke Sekolah tidak hanya dapat digunakan oleh siswa-siswi yang belajar pada saat ini, namun juga dapat digunakan oleh adik-adik mereka di kemudian hari, Untuk itu mobiler tersebut koranya dapat dijaga dan dirawat dengan baik.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Alexander Gultom, Kadis Pendidikan Bontor Hutasoit.

Kaban BKAD Kijo Sinaga, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Tutur PT Simanjuntak, dalam kegiatan penyerahan secara simbolis mengucapkan terima kasih kepada PT Inalum (Persero) atas perannya membantu pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara.

“Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mengucapkan terima kasih kepada pihak PT Inalum (Persero) atas  peran saudara dalam mendukung program pembangunan di Tapanuli Utara melalui bantuan yang diberikan. Kami berharap kiranya PT Inalum (Persero) dalam setiap pengalokasian dana CSR tetap berkoordinasi dengan Pemkab. Taput” ucap Nikson Nababan.

“Kepada Pihak Sekolah yang mendapatkan bantuan kiranya dapat menggunakan alat-alat tersebut dengan baik dan merawatnya dengan baik. Saya juga mengharapkan agar para guru dan kepala sekolah semakin semangat memberikan yang terbaik demi kemajuan pendidikan di Tapanuli Utara. Dan semoga kedepannya semakin banyak lagi bantuan yang diberikan oleh PT Inalum (Persero) kepada sekolah lain yang masih membutuhkan bantuan pendukung sarana dan prasarana pendidikan.” tuturnya.

Selanjutnya Perwakilan dari Komite Sekolah yaitu Kepala Sekolah SD 173215 Garoga Jae Kec. Garoga Dilla Lubis mengucapkan terima kasih kepada PT Inalum (Persero) dan Bupati Tapanuli Utara.

Kami juga mengucapkan beribu terima kasih kepada PT Inalum (Persero) yang sudah memberikan perhatian dalam bidang Pendidikan di Tapanuli Utara.

"Saya sangat terharu atas perhatian Perusahaan yang langsung turun tangan ke sekolah kami menyaksikan bagaimana keadaan sekolah kami. Semoga berkat Tuhan kedepannya semakin melimpah kepada Bapak sekalian dan tidak bosan- bosannya memberikan bantuan bagi kami khususnya dalam bidang Pendidikan.” Ucap Lubis.

Akhir Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan makan siang dan ramah tamah sekaligus peninjauan lokasi taman kota Tarutung yang sudah mulai dibenahi lebih indah.

(Patar Lumban Gaol)