Taput, Sumut, Fokus24.id-Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, hadiri Ground Breaking pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA)  sistem penyediaan air minum (SPAM) IKK Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara, di Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon, Jumat (27/01/2023).

Pembangunan IPA serta jaringan pipa distribusi ini merupakan wujud perjuangan Panjang yang dilakukan oleh Bupati Taput Nikson Nababan dan didukung oleh anggota DPR RI Sukur Nababan. Dan sangat diharapakan  dapat diselesaikan pada bulan Juni tahun 2023.

Dalam sambutanya, Bupati mengatakan, segala upaya sudah dilakukan agar air baku bisa masuk, krisis air segera  dapat teratasi.

“Kita sudah melakukan segala upaya agar air baku bisa masuk, kita juga berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR, Kepala Balai dan Anggota DPR RI Putra Daerah Taput Sukur Nababan yang selalu memberikan dukungan untuk percepatan pembangunan Tapanuli Utara. Saya harap pembangunan IPA SPAM ini berjalan lancar tanpa kendala, dan turut kerja sama dengan Forkopimda Taput," ujar Nikson Nababan.

Bupati berharap kepada masyarakat Tapanuli Utara secara khusus kecamatan Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita, agar pembangunan IPA SPAM ini dibantu, dipercepat, jangan ada yang mempersulit, karena ini untuk kepentingan bersama.

“Dan mohon disampaikan kepada seluruh masyarakat Tapanuli Utara agar mendukung percepatan pembangunan ini. Ppaling lambat bulan Juni tahun 2023 pembangunan ini bisa selesai sehingga ketiga kecamatan ini tidak lagi krisis air minum. Mari kita saling bergotong royong, semakin kompak kedepannya membangun Tapanuli Utara,” pungkas Bupati.

Dalam kesempatan itu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Hiskia Pasaribu mengatakan, Pembangunan ini  merupakan dukungan dari Bapak Nikson Nababan dan Bapak anggota DPR RI Sukur Nababan.

"Pembangunan IPA  ini tujuannya untuk kita bersama, agar kita bisa menikmati air minum yang lebih layak lagi, dan harapan kita masyarakat di tiga Kecamatan semakin sehat dan Makmur.

Dalam pekerjaan  bongkar pasang  jaringan pipa di beberapa  titik jalan di tiga kecamatan ini akan mengalami kendala, mohon bersabar kami akan kerjakan secepatnya, untuk itu kami mohon dukungan dan kerjasamanya.” tutur Hiskia Pasaribu.

Kegiatan diakhiri dengan peletakan batu pertama pada pembangunan IPA oleh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut  BPPWSU, PT. Monhas, Kadis Perkim Budiman Gultom, Kadis PUTR Dalan Simanjuntak, Dirut PDAM Mual Na Tio Kab. Taput Lamtagon Manalu.

(Aman Siregar)