Taput, Sumut, Fokus24.id-Kwalitas Proyek Rekonstruksi Jalan Aek Rangat-Sandaran Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), dengan Hotmix, diragukan.

Proyek jalan Hotmix sepanjang 795 M x 3 M berbiaya Rp 1.057.823.800.02,- PAPBD Taput tahun Anggaran 2022 pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) disebutkan Patar Lumban Gaol sudah ada retakan.

Parahnya, dibeberapa titik badan jalan nampak pori pori. Disamping itu, bahu jalan ditutupi dengan material batu campur tanah sepertinya tidak digilas dan tidak diratakan sehingga terkesan tidak bermanfaat.

"Itukan sudah ada retakan, padahal belum sebulan selesai. Kemudian material bahu jalan sepertinya tidak digilas" terang Patar dari LP3D (Lembaga Pemantau dan Pemerhati Pembangunan Daerah) Wilayah Tapanuli.

Ia meminta agar Inspektorat Taput segera melalukan pemeriksaan pekerjaan, "bila perlu kwalitas hotmiknya diuji di Laboratorium". Tandasnya

Sementara Harry Lumbantobing Pejabat Pembuat Komitment (PPK) Dinas PUTR kepada Wartawan mengakui, memang sudah ada badan jalan yang mengalami retakan. Tepatnya pada jalur pipa PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Taput.

"Kami sudah tandai titik yang rusak, dan akan diperbaiki rekanan karena dalam masa pemeliharaan" jawab Harry Lumbantobing melalui aplikasi WhatsApp.

(Patar Lumban Gaol)