Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Calon Jajaran Direksi PDAM Tirtalihou dalam waktu dekat ini akan dilantik oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga,

"Tanggal 17 Agustus 2022 ini akan dilantik oleh Bupati Simalungun. Adapun yang dilantik Dirut, Dirum dan Dirtek." Ungkap Purba, Senin (02/08/2022) sekira jam 10.00 WIB.

Pelantikan tersebut, sambungnya, dinilainya tidak layak, sebab hingga saat ini status calon Dirum diduga masih tercatat sebagai wakil Bendahara salah satu partai di Kabupaten Simalungun,

"Buktinya kan ada tercatat namanya. Ngapain dia harus mengelak. Jika tidak tercatat sebagai pengurus sesuai pengakuan Hetty, mana buktinya. Harusnya Pansel transparan." Ujarnya.

Ditambahkannya, dalam Permendagri Tahun 2018 jelas tertulis 'Tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah, atau calon wakil kepala daerah dan atau calon anggota legislatif,

"Aturan itu kan sudah jelas. Tidak sedang menjadi pengurus partai politik." Pungkasnya.

Sementara, Wakil Ketua Pansel, Ramadani Purba, pernah  ditemui usai di rapat badan anggaran menyampaikan, urusan partai sudah tidak ada masalah lagi. "Semua sudah memenuhi prosedur," ucap Ramadani.

Menurut Ramadani, surat pengunduran diri Hetty Berliana Damanik dari partai sudah ada,

"Karena sudah lolos seleksi," ucap mantan Kepala Dinas Perhubungan Simalungun tersebut.

Disinggung mengenai Keputusan dari salah satu partai politik Nomor : KEP-174/GK-SU/VIII/2020 masa bhakti 2020-2025 dan tercatat, Hetty Berliana Damanik menjabat Wakil Bendahara. Ramadani mengaku, tidak terlalu dalam melihat administrasi.

"Kalau mengundurkan diri walau dalam masih proses batal, gak masalah. Yang lain lain nanti kita dibahas ya," kata Ramadani sembari menyebut masa jabatan Berliana Napitu sudah berakhir.

Bernhard Sebut Pansel PDAM Tirtalihou Abal Abal

Anggota DPRD Simalungun, Bernhard Damanik, mengatakan pansel Direksi PDAM Tirtalihou Kabupaten Simalungun, beberapa waktu lalu abal abal,

"Artinya, Pansel kemarin itu Abal abal." Kata Bernhard Damanik saat ditanya tentang penetapan Dirum PDAM Tirtalihou Kabupaten Simalungun, yang masih aktif sebagai pengurus Partai Politik sampai tahun 2025 mendatang, Senin (25/07/2022) sekira jam 16.30 WIB, di Gedung DPRD.

Tentang penetapan Dirum PDAM Tirtalihou, Badri Kalimantan, juga mengatakan, bahwa untuk jabatan tersebut tidak diperbolehkan berasal dari partai politik (Parpol).

"Ya semua, tidak boleh terdaftar." Ujar Badri yang juga anggota DPRD dari Fraksi Partai Gerindra, saat diminta pendapatnya tentang penetapan Hetty sebagai Dirum PDAM Tirtalihou Kabupaten Simalungun.

Hetty Berliana Damanik Tercatat Pengurus Partai

Calon Direksi Umum (Dirum) PDAM Tirta Lihou Simalungun yang lolos seleksi, Hetty Berliana Damanik tercatat dalam Pengesahan Susunan Komposisi dan Personalia salah satu partai politik (parpol).

Berdasarkan Keputusan salah satu parpol tersebut Nomor : KEP-174/GK-SU/VIII/2020 masa bhakti 2020-2025. Hetyy Berliana Damanik menjabat Wakil Bendahara.

Hetty Berliana Damanik ketika dikonfirmasi melalui seluler, Jumat (22/07/2022) sekira jam 20.57 WIB membenarkan salah satu calon Direksi di PDAM Tirta Lihou Simalungun yang lolos seleksi. "Iya," jawab Hetty.

Ketika ditanya, apakah benar sebagai pengurus salah satu partai politik? Hetty justru balik bertanya. "Mengurus apa? Partai politik mana yang ku urus?" tanya Hetty.

Kembali ditanya, apakah menjabat Wakil Bendahara juga tidak pernah? Hetty mengatakan, tidak pernah terlibat di partai. "Gak, gak pernah saya terlibat di partai," kata Hetty.

Disinggung mengenai keputusan salah satu partai politik dan di dalam tercatat menjabat Wakil Bendahara. Hetty menjelaskan, tidak tau.

"Siapa yang bikin nama saya. Belum pernah terima SK-nya," jelas Hetty.

Sebelumnya, anggota panitia seleksi, Agustina Simanjorang ketika dikonfirmasi melalui seluler, Jumat (22/07/2022) sekira jam 20.31 WIB membenarkan Hetty Berliana Damanik sebagai calon Direksi Umum di PDAM Tirta Lihou. "Iya," ucap Agustina.

Agustina mengatakan, Hetty Berliana Damanik bukan pengurus salah satu partai politik. "Nggak. Nggak ada pengurus partai," kata Agustina sembari menjelaskan bahwa persyaratan yang diserahkan saat pencalonan adalah pengalaman kerja, pernyataan tidak pengurus partai.

Disinggung mengenai Keputusan salah satu parpol dan tercatat nama, Hetty Berliana Damanik sebagai Wakil Bendahara. Agustina menyampaikan, akan merapatkan terlebih dahulu nantinya.

"Kami rapatkan dululah nanti," ucap Agustina.

Menurut Agustina, ketiga calon Direksi yang lolos, sebelumnya mengikuti seleksi di Medan selama tiga hari.

"Sebagai pengujinya, ada dari Kepala Biro Perekonomian Provinsi, USI dan Prof H Ambarita," sebut Agustina.