Tapanuli Utara, Sumut, Fokus24.id- PT Inalum (Persero)  menyatakan komitmen penuh dan siap berkolaborasi lintas sektoral dengan seluruh  elemen masyarakat menjaga dan melestarikan Kawasan Danau Toba di  Sumatera Utara.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Hubungan Kelembagaan PT  INALUM (Persero) Dany Amrul Ichdan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Tim Penyelamatan  Ekosistem Danau Toba.

“PT INALUM (Persero) mendukung setiap program lingkungan sebagai langkah untuk  memperkuat ekosistem ekonomi dan ekologi di Kawasan Danau Toba.

Apalagi Danau Toba  sudah ditunjuk sebagai Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas. Oleh karena itu perlu dukungan lintas sektor baik dari pemerintah pusat, entitas perusahaan, hingga elemen 
masyarakat agar bisa bermanfaat untuk masyarakat” ujar Dany dalam press realese tertulisnya.

Menurutnya, pada tahun 2022 ini akan di tanam 308.148 bibit pohon di sekitar Kawasan Danau Toba.

Penyerahan bibit macademia dan penanaman bibit pohon di Kawasan Danau  Toba di Bukit Gajak Bobok.

“Penanaman pohon merupakan program rutin tahunan PT INALUM dan pada tahun 
2022 ini,  perusahaan merencanakan penanaman pohon sebanyak 308.148 pohon di kawasan Destinasi Wisata Danau Toba,’  ujar Denny.

Sementara itu, Holding Industri Pertambangan MIND ID dalam mendukung pelestarian  Kawasan Danau Toba telah mengalokasikan 50.000 bibit Macademia. Sebanyak 28.000 bibit  telah disebarkan ke 7 Kabupaten sekawasan Danau Toba.

“Dengan berkolaborasi antara PT INALUM, Holding Industri Pertambangan,Pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat, maka kami yakin kalau Kawasan Danau Toba  akan lebih maju dalam hal ekonomi karena adanya kenaikan kelas dari UMKM," terangnya.

"Meningkatnya  kualitas sumber daya manusia setempat, dan tetap terjaganya kawasan Danau Toba dengan  pelestarian pohon dan manajemen waste management yang baik. Ini adalah pekerjaan bersama-sama dari kita semua yang harus terukur dan tepat sasaran,” tambah Dany.

Komisaris Utama PT INALUM (Persero) Doni Monardo dalam gelaran acara tersebut
menyebut bahwa Kawasan Danau Toba sudah lama menjadi sahabat dari setiap langkah  operasional perusahaan.

"PT INALUM (Persero)  berkomitmen untuk terus menjaga kawasan yang ada agar bisa diwariskan ke generasi 
selanjutnya." ujar Doni Monardo.

Acara dihadiri, Jajaran TNI dari Kodam I/Bukit Barisan dan Kodim setempat, Jajaran Kepolisian dari Polda 
Sumut dan Polres setempar, LSM, Akademisi, dan perwakilan dari masyarakat adat Sumatera.

(Aman Siregar)