Tapanuli Utara, Sumut, Fokus24.id-Kehadiran Erick Tohir disambut histeris masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis, (19/05/2022).

Dalam kunjungannya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut didampingi Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

Di Taput, ia meninjau pasar rakyat dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sembari melihat-lihat produk pada stand-stand yang tersedia di lapangan Serbaguna Tarutung.

Erick Tohir mengatakan, pihaknya akan terus mendorong dan meningkatkan program PT Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) di Taput.

"Jadi kita nanti akan bekerjasama dengan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dan juga Pak Bupati bagaimana mendorong yang namanya ekonomi ibu-ibu rumah tangga,"ujarnya.

Dia mengatakan di Taput saat ini ada sebanyak 17 ribu nasabah program Permodalan Nasional Madani (PNM Mekaar).

Untuk itu pihaknya berencana akan menambah jumlah nasabah itu menjadi 30 ribu.

Selain meningkatkan program PNM mekaar, Erick juga mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagaimana yang telah digalakkan oleh pemerintah pusat.

"Kalau BRI disini ada banyak nasabahnya, ini juga mengartikan bahwa program KUR yang didorong Bapak presiden kita, sudah berjalan dengan baik," katanya.

Untuk itu pihaknya berjanji dengan kerjasama dengan bupati akan kembali mengembangkan dan menambah KUR.

Dia menegaskan, pihaknya akan terus mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan dengan harapan agar ekonomi masyarakat bisa terus berputar secara merata dan tidak hanya bertumpu pada satu orang atau satu kelompok saja.

(Aman Siregar)