Tapanuli Utara, Fokus24.id

Saat meninjau Tempat pemungutan suara (TPS) di desa Pansurnapitu Kecamatan Siatasbarita, Kapolda menekankan pentingnya menciptakan suasana aman, dan tertib, di tengah pelaksanaan Pilkades yang digelar, saat ini.

Demikian disampaikan Irjen Pol RZ Panca Putera Simanjuntak yang didampangi Kasdam I/BB Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono, Danrem 023 Kolonel Infantri Pebrian Buyung Sikumbang, Kapolres Taput AKBP Ronal Sipayung SH SIK MH, saat meninjau TPS pemilihan kepala desa di kabupaten Tapanuli Utara, Selasa (23/11/2021).

"Pilkades ini perlu disukseskan seluruh masyarakat supaya terpilih kadesnya yang mampu mewakili seluruh masyarakat. Siapapun pemenangnya, tidak perlu bereuforia yang berlebihan," sebut Kapolda.

Sambungnya, ada 200 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa saat ini, terpantau aman, lancar, dan tertib.

Terkait penambahan jumlah personil yang diterjunkan dari sebelumnya 344 orang menjadi 944 personil dari BKO Poldasu, dan Brimob untuk pengamanan Pilkades serentak di Taput.

Kata Irjen Panca lagi, hal tersebut merupakan penilaian atas aspek pengamanan, sehingga empat personil kepolisian bersama TNI dan Satpol PP disiagakan mengamankan kondisi tiap desa.

"Sebenarnya bukan penambahan, itu strategi polisi bersama TNI, bagaimana masyarakat itu bebas dan siap untuk mengikuti pelaksanaan Pilkades," jelas Kapolda.

Dalam kondisi pandemi COVID-19, saat ini, Irjen Panca juga berharap agar masyarakat tidak menggelar kegiatan euforia yang bisa  menimbulkan kerumunan tak terkendali.

"Tadi saya juga sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan. Meski COVID-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia," pungkasnya.

Dari TPS IV Desa Pansurnapitu, Siatasbarita, rombongan Kapoldasu meluncur ke lokasi TPS IV Desa Simamora, Kecamatan Tarutung, Taput, serta ke sejumlah TPS lainnya, sesuai jadwal kunjungan.

(Aman S)