Tapanuli Utara, Sumut, Fokus24.id-Seleksi 150 murid pintar  Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Tingkat Kabupaten  dilaksanakan di SD swasta Santa Maria Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa (22/03/2022).

Adapun peserta 150 murid pintar hasil seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) dipilih dari setiap kecamatan berdasarkan utusan 10 murid pintarnya mulai kelas 4 dan 5.

Adapuun jumlah kecamatan yang mengikuti pemilihan siswa pintar ini sebanyak 15.

Kompetisi pemilihan siswa pintar berdasarkan dua bidang mata pelajaran yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Taput Bottor Hutasoit mengatakan dalam kegiatan tersebut KSN ini dilaksanakan berjenjang.

"Dimulai tingkat sekolah ke tingkat Kecamatan kemudian tingkat Kabupaten kemudian tingkat Propinsi dan tingkat Nasional." Ujar Kadisdik.

Lanjutnya, mudah mudahan nanti dari hasil seleksi ini akan ada kompetisi lebih lanjut, menuju tingkat Propinsi dan tingkat Nasional,

"KSN tingkat kabupaten ini untuk  menjaring juara 1,2,3 serta juara harapan 1,2,3." Katanya.

Kadisdik pun berharap agar guru dan kepala sekolah selalu mendidik muridnya dengan baik serta mempersiapkan pembelajaran dengan baik walaupun dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Di masa Pandemi ini diminta agar tidak menjadi kendala untuk menciptakan murid beprestasi.

"Agar masing masing sekolah, baik itu guru dan kepala sekolah agar tetap melakukan pembelajaran,
mendidik muridnya dengan baik walupun pada masa kondisi covid." pungkas Bottor Hutasoit.

Diinformasikan juga, ajang kompetisi KSN ini anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Taput tahun 2022.

(Aman Siregar)