Karangasem, Bali, Fokus24.id-Dalam rangka mewujudkan rasa peduli terhadap lingkungan, Kanwil Kemenkumham Bali melalui Balai Pemasyarakatan Kelas II Karangasem melaksanakan gerakan Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Kampung Inggris Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Kamis (24/02/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Klien Pemasyarakatan Bapas Karangasem yang didampingi oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) bersama-sama dengan warga setempat.

Kepala Bapas Karangasem, I Kadek Dedy Wirawan Arintama, menyampaikan aksi peduli pantai ini adalah sebagai salah satu aksi sosial dimana klien pemasyarakatan dibaurkan dengan masyarakat. 

“Sebelum melaksanakan kegiatan ini klien diberikan bimbingan kepribadian kelompok di pondok singgah ( pongah ) yowana bakti segara melalui inovasi waktunya pelayanan jemput bola laporan dan bimbingan (wayan jempolan)." Ujar Kadek Dedy Wirawan.

Disisi lain Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk menyampaikan bahwa Kegiatan Bimbingan Kepribadian kelompok di pondok singgah (pongah) yowana bakti segara ini merupakan salah satu bentuk motivasi kepada Klien Pemasyarakatan agar mereka menyadari kesalahan yang pernah dilakukan dan tidak mengulangi kesalahan sama sehingga dapat kembali ke masyarakat sebagai manusia yang lebih baik. 

Kemudian aksi sosial bersih-bersih pantai ini digelar supaya lingkungan terlihat bersih dan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya, 

"Karena saat ini kita masih di hadapkan dengan persoalan pandemi covid-19, setidaknya dengan lingkungan yang bersih bisa menangkal segala macam penyakit serta pemandangan pantai terlihat asri apalagi daerah ini merupakan juga objek pariwisata." Pungkas Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk.

(Albert)