Simalungun, Fokus24.id-Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga melalui Sekretaris Daerah Esron Sinaga akhirnya melantik sejumlah mantan kepala dinas (Eselon 2) menjadi kepala bidang dan sekcam, Jumat (04/02/2022) jam 10.00 WIB.

Meskipun tidak lagi menjadi kepala dinas, Bupati Simalungun berpesan agar seluruh pejabat yang dilantik itu dapat menjalankan tugas dengan amanah dan penuh perhatian, komitmen dan bertanggungjawab.

Informasi dihimpun, adapun sejumlah mantan Kepala Dinas (Kadis) yang dilantik yakni, Benny Saragih sebelumnya menjabat Kadis PUPR Simalungun kini menjabat Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada Disnaker.

Mantan Kadis Pendidikan, Elfiani Sitepu, kini menjabat sebagai Kabid Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Mantan Kadis Hanpang Perikanan dan Peternakan, Pardomuan Sijabat, kini menjabat Kabid Perikanan pada Dinas Hanpang, Perikanan dan Peternakan.

Paling unik adalah Mudahalan Purba dan Ronny Rudyanto. Kedua mantan kadis ini seperti Mudahalan Purba sebelumnya menjabat Kadis Sosial kini menjabat sebagi Sekcam Kecamatan Haranggaol Horison dan Ronny sekarang menjabat Sekcam di Kecamatan Tanah Jawa.

Selanjutnya, Jon Sukajaya Purba menjabat Kepala Bidang Pelayanan Penunjang RSUD Perdagangan.

Marolop Silalahi kini menjabat sebagai Kabid Persidangan dan Risalah pada Sekretariat DPRD.

Jan Posman Hamonangan Purba menjabat Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan pada Dinas Hanpang Perikanan dan Peternakan.

Ikutan Ginting menjabat Kabid Pemonitoran dan Pengendalian pada Administrator Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei.

Herlina Girsang menjabat Kabid Holtikultura pada Dinas Pertanian Simalungun.

Sahat Mardaulay Lodewyk menjabat Kabid Postel, Datin dan Bina Media Massa pada Dinas Komunikasai dan Informatika.

Tidak Mau Dilantik Menjadi Kabid, Jamesrin Saragih dan Lurinim Purba Absen

Dilantik menjadi Kepala Bidang (Kabid), tiga mantan Kadis tidak hadir. Alasan Ketidakhadiran ketiganya belum sampai sejauh ini belum diketahui.

Disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Simalungun, Sudiahman Sumbayak, adapun ketiga mantan Kadis itu adalah Jamesrin Saragih.

"Jabatan Jamesrin Saragih yang rencananya akan dilantik menjadi Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan." Jawab Sudiahman kepada sejumlah kru media.

Lanjutnya, Hermedin Saragih akan dilantik sebagai Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Tuan Rondahaim dan Lurinim Purba akan dilantik sebagai Kabid Pengembangan Pemuda pada Dispora." Tandas Sudiahman Saragih.

Sisi lain, pasca pelantikan itu, sejumlah oknum pegawai di sekitaran Kantor Bupati angkat bicara terkait mantan Kepala Dinas dilantik menjadi Kabid dan Sekcam,

"Ini namanya turun rangking di kelasnya. Dulu mereka selalu rangking pertama buktinya beberapa kali menjabat sebagai kadis, namun sekarang jadi Kabid dan Sekcam." Ujar seorang pria bertubuh tegap diperkirakan berusia 47 tahun sambil tertawa.

(Red)