Taput, Sumut, Fokus24.id-Toga Simamora se Kab. Tapanuli Utara (Taput) menyatakan diri mendukung penuh Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati JTP-DENS memenangkan Pemilukada Taput November mendatang.

Bertempat di Dusun I Ria Nauli, Desa Hutatinggi, Kec. Parmonangan, Kab. Taput, Sumut, sabtu (12/10/2024) 5000 an keturunan Toga Simamora yang terdiri dari marga Purba, Manalu dan Debataraja sepaham paslon JTP--DENS akan membawa perubahan nyata baik dalam tata pemerintahan maupun moral para stake holdernya.

Acara yang merupakan Doa Pemberangkatan dari Toga Simamora merupakan wujud satu rasa satu tekad dan juga satu keinginan agar kemenangan bagi pasangan JTP--DENS.

Acara yang diawali pengalungan bunga ke Pasangan Calon, pemberian bunga Pangku kemudian pasangan disambut dengan tarian tor tor menghantar pasangan ke tempat duduk.

Diacara kebaktian, Pendeta Maurids Simamora dalam pesan kotbah menyampaikan mintalah apapun dengan ketulusan kepada Allah Bapa

Tidak akan pernah kemenangan hanya karena slogan slogan ataupun semangat Yel yel, namun harus satu tekad satu tujuan untuk meraih kemenangan

"Percaya dan yakin kepada Tuhan semesta alam, bersukacita dalam Tuhan Yesus dan kemenangan dalam kuasa Kristus" pesan religius dari Pendeta Maurids Simamora

Selanjutnya acara dilanjutkan pemberian ikan mas sebagai bentuk berkat dan dukungan penuh dari persatuan Toga Simamora supaya paslon JTP-DENS yang dibarengi penyematan ulos sebagai simbol perlindungan Tuhan.

"Dang mardingkan Toga simamora tu Boruna, Saonari tu boru Purba majo" (Red--Tidak Pilih Kasih Toga Simamora kepada Putrinya, sekarang boru Purba lah dulu)" tegas Mansur Purba

Ungkapan itu mewakili rasa dan niat Toga Simamora dan  menunjukkan dukungan kepada Neny Angelina Purba yang merupakan istri dari JTP calon Bupati Taput.

Dikatakan Mansur ada sekitar 18 ribuan keturunan Toga Simamora dari marga Purba, Manalu dan Debataraja diseluruh Kab. Taput dan dipastikan 80% mendukung Paslon JTP-DENS

Sementara JTP dan Deni dalam orasi politiknya menekankan pentingnya perubahan pengelolaan tatanan Pemerintahan diberbagai sektor seperti Pertanian, Pendidikan, kesehatan demikian juga sektor yang lain.

Mereka menggambarkan ketika terpilih jadi Bupati maupun Wakil Bupati Taput, maka pembenahan sektor Pertanian menjadi salah satu motor bagi peningkatan ekonomi warga. Untuk itu fasilitas fasilitas pendukung pertanian akan ditingkatkan.

Demikian juga disektor Pendidikan, penempatan guru guru yang berdedikasi sesuai dengan disiplin keilmuan. Bukan karena titipan, agar kelak generasi muda Taput bisa menikmati pendidikan tinggi.

"Minimal satu orang dalam satu keluarga harus jadi sarjana, S2 bahkan jadi Doktor" ujar JTP dan Deni kepada warga.

Sedangkan Neni Angelina Purba yang merupakan ikonik dalam acara Doa dan pemberangkatan Toga Simamora ke Paslon JTP-DENS menyampaikan rasa terharu dan semangat serta keyakinannya bahwa JTP-DENS pasti memenangkan Pemilukada November mendatang.

"Mauliate ma tu bapak nami, omak nami, ito nami, eda nami nang pariban nami boe marsada Toga Simamora mangurupi hami, tabuktihon annon ditanggal 27 november ingkon monang do hita (Red-Terima kasih kepada Bapak kami, ibu kami, abang kami, adek kami maupun ipar kami, bisa bersatu Toga Simamora mendukung kami. Mari kita buktikan nanti ditanggal 27 November kita harus menang" pinta Neni Angelina Purba yang disambut tepuk tangan meriah.

(Patar Lumban Gaol)