Siantar, Sumut, Fokus24.id-Warga Binaan Yayasan Rehabilitasi Rindung bersukacita ketika Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA datang berkunjung, Rabu (28/08/2024) sekitar jam 16.00 WIB. 

Selain berkunjung, dr Susanti menyerahkan bantuan kepada yayasan yang berada di Jalan Rindung Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Sianțar Martoba itu.

Ketua Yayasan Rehabilitasi Rindung, Rizal Damanik beserta istri menyambut kedatangan dr Susanti dan menyematkan Bulang (penutup kepala wanita khas Simalungun). Sementara para warga binaan tersenyum sumringah.

Dalam pertemuan tersebut, dr Susanti mengaku bahagia dapat berbaur dengan warga binaan yang sedang menjalani rehabilitasi dan pengobatan.

"Kiranya pertemuan ini menjadi pertemuan manis bagi kita semua," sebut dr Susanti.

dr Susanti juga sangat bersyukur ada pihak swasta, dalam hal ini Yayasan Rehabilitasi  Rindung yang telah mendirikan pusat rehabilitasi untuk pengobatan warga binaan.

"Hal seperti ini merupakan bentuk kerjasama yang baik untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesehatan  warga yang membutuhkan," katanya lagi.

dr Susanti berharap ke depan Yayasan Rehabilitasi Rindung tetap meningkatkan program-programnya dalam memberikan pendidikan dan pelatihan serta pengobatan bagi para pasien atau yang di Yayasan Rehabilitasi Rindung disebut Warga Residen (Binaan).

Selanjutnya dr Susanti menyerahkan bantuan berupa alat olahraga tenis meja dan bulutangkis, serta beras.

"Kiranya nanti di tempat ini ada program berolahraga untuk meningkatkan kesehatan," kata dr Susanti disambut tepuk tangan warga binaan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Rehabilitasi Rindung, Rizal Damanik mengaku sangat terharu dan bangga dr Susanti bersedia datang ke tempat mereka.

"Kami tak sangka ibu bisa berkenan hadir di pusat rehabilitasi, di tempat ini. Kami ingin warga binaan bisa sembuh kembali dan menjadi pribadi yang seutuhnya," terang Rizal.

Rizal menjelaskan, Yayasan Rehabilitasi Rindung berdiri sejak tahun 2016. Pasien yang sembuh mencapai 1.500 orang dan sudah kembali ke keluarga.

"Saat ini ada binaan 80 orang dan staf 15 orang. Warga binaan di sini berbagai penyebab, di antaranya kecanduan narkoba, depresi, hingga gangguan jiwa. Ada juga Panti Jompo," jelasnya.

Mewakili warga binaan, Rahmat dan Catherine mengucapkan terima kasih kepada dr Susanti.

Selanjutnya dr Susanti berbaur dan berinteraksi dengan warga binaan. Dilanjutkan meninjau lokasi rehabilitasi.

Turut mendampingi dr Susanti, Camat Siantar Martoba Rilan Pohan SSTP MSi, Kabag Kesra Irwansyah Saragih, mewakili Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lurah Tanjung Pinggir, dan Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Kota Pematangsiantar Aprial M Rizaldi Ginting SH. 

(ADV/John)