Siantar, Sumut, Fokus24.id-Pemko Pematangsiantar terus berkomitmen tetap akan membangun mental spiritual masyarakat. 

Sebab diyakini  pembangunan rohani dapat dijadikan sebagai kekuatan dalam membangun masyarakat agar lebih bijaksana, jujur, bertanggung jawab, dan saling menghormati, serta dapat mewujudkan segala kebaikan  di dalam kehidupan.

Demikian disampaikan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA saat menghadiri Perayaan Tahun Baru Islam 1446 H oleh Masjid Raya Pematangsiantar, yang berlangsung di halaman Masjid Raya, Sabtu (20/07/2024) malam.

dr Susanti yang hadir didampingi Ketua Dekranasda Kota Pematangsianțar H Kusma Erizal Ginting SH menyampaikan rasa syukur atas penyelenggaraan Perayaan Tahun Baru Islam 1446 H tersebut.  

"Acara pada hari ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap bulan Muharram di Masjid Raya Pematangsiantar. Tujuannya sebagai bentuk syukur atas rezeki berupa usia dan kesehatan. Sehingga kita masih bisa berjumpa dengan bulan Muharram tahun ini," kata dr Susanti.

Menurut dr Susanti, tanggal 1 Muharram sebagai pengingat akan peristiwa penting, yakni saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Kota Makkah ke Madinah, yang kemudian melahirkan peradaban Islam, yang akhirnya menyebar hingga ke generasi saat ini.

Pemko Pematangsiantar, lanjutnya, terus berkomitmen untuk membangun mental spiritual masyarakat, melalui misi penguatan nilai-nilai agama menuju masyarakat yang berkarakter.

"Kita yakin, pembangunan rohani dapat kita jadikan sebagai kekuatan dalam membangun masyarakat agar lebih bijaksana, jujur, bertanggung jawab, dan saling menghormati, serta dapat mewujudkan segala kebaikan di dalam kehidupan," sebut dr Susanti.

dr Susanti melanjutkan, Pemko Pematangsiantar mengharapkan semua pihak, termasuk pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Raya Kota Pematangsiantar untuk senantiasa bekerjasama, bersinergi, dan berkolaborasi dengan Pemko Pematangsiantar, khususnya dalam pembangunan kerohanian masyarakat.

"Kami juga mengharapkan dukungan terhadap program-program Pemerintah Kota Pematangsiantar, terutama yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat," tukasnya.

dr Susanti mengharapkan di tahun 1446 H ini, umat Muslim memiliki semangat yang baru, serta kemampuan dan motivasi yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kegiatan tersebut, dr Susanti dan Erizal Ginting menyerahkan Piala Bergilir kepada pemenang lomba nasyidaria dan adzan.

Tampak hadir, Al Ustadz H Irfan Yusuf SPdI (Ustadz Rahul), Ketua BKM Masjid Raya Pematangsiantar H Irmadi Lubis, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pematangsiantar H Natsir Armaya Siregar, Ketua Panitia Jakfar Lubis.

Kemudian Kabag Kesra Setdako Pemko Pematangsiantar Irwansyah Saragih SSos, Camat Siantar Barat Herwan AR Saragih beserta jajaran, Alim Ulama,  tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda. 

(ADV/John)