Taput, Sumut, Fokus 24.id-Saat dilakukan pemeriksaan barang titipan terhadap seorang warga binaan, Petugas Pengaman Pintu Utama (P2U) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung gagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu, Jumat, (31/05/2024)

Kapala Rutan Tarutung, Ismet Sitorus, mengatakan aksi penyelundupan narkoba jenis sabu terungkap, Jumat sekira jam 12.40 WIB.

"Hasil pemeriksaan ditemukan satu bungkus sabu dan sebuah pipet yang terbungkus rapi di dalam bungkusan makanan."ucap Ismet Sitorus.

Petugas melaporkan temuan tersebut ke komandan jaga dan meneruskan laporan ke Kepala Kesatuan Pengamanan (Ka.KPR) dan selanjutnya Ka KPR melaporkan kejadian tersebut 

Selanjutnya Kepala Rutan berkoordinasi dengan pihak Polres Tapanuli Utara sekaligus menyerahkan terduga dan barang bukti untuk proses hukum.

Ismet Sitorus selanjutnya memberikan arahan kepada seluruh jajaran petugas Rutan untuk tetap waspada dan cermat terhadap pelayanan kunjungan besuk, mengingat potensi adanya penyelundupan barang terlarang.

Lanjutnya, zero halinar merupakan komitmen bersama dan sesuai instruksi pimpinan mari kita kukuhkan back to basic pemasyarakatan yang mana terdiri dari Deteksi Dini, Pemberantasan Narkoba dan Meningkatkan Sinergitas dengan APH perlu dilakukan dengan pemetaan permasalahan yang ada di lingkungan kerja sehingga dapat dilakukan deteksi dini terhadap hal-hal yang sekiranya akan menjadi potensi masalah.

“Saya sangat berterima kasih dan memberi apresiasi kepada seluruh tim jajaran keamanan dan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka KPR) karena telah berhasil menggagalkan upaya penyusupan narkoba jenis sabu oleh pengunjung (keluarga) yang datang untuk menitip makanan ke salah satu warga binaan”, pungkas Ismet Sitorus

(Aman Siregar)