Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematangsiantar menghadiri Penahbisan 10 Pendeta GKPS, di GKPS Pansur Lima, Resort Setia Negara, Jalan Bantuan No 26 Kelurahan Bah Kapul Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantar, Minggu (24/03/2024).

Acara tersebut, Wali Kota Pematangsiantar juga mengucapkan selamat kepada 10 pendeta Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) yang telah menjalani penahbisan.

Penahbisan 10 pendeta  tersebut dinilai sebagai wujud pengabdian kepada GKPS dan kepada Tuhan.

"Yang kita yakini, dan diterima dengan rasa syukur. Dan tentunya dengan komitmen yang tinggi untuk membangun kehidupan gereja yang lebih baik lagi," sebut dr Susanti dalam sambutannya.

Kepada 10 pendeta yang telah ditahbiskan, dan seluruh pendeta GKPS, dr Susanti mengutarakan tugas pemerintah dan gereja akan semakin berat. Namun jika dilakukan secara bersama-sama dan tulus ikhlas, maka tentu saja tugas tersebut tidak berat.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat mengabdi dan selamat bertugas. Semoga dengan kehadiran 10 pendeta ini, maka GKPS semakin kuat dan terus membangun kehidupan gereja, masyarakat, dan generasi muda. Sehingga generasi muda di Kota Pematangsiantar menjadi generasi kebanggaan dalam rangka mempersiapkan Generasi Emas 2045," tutur dr Susanti di hadapan ratusan jemaat GKPS yang hadir.

dr Susanti juga berharap 10 pendeta GKPS ini akan memperkuat kehidupan beragama di Kota Pematangsiantar. Sehingga terwujud kehidupan yang harmonis dan penuh toleransi di tengah-tengah keberagaman agama, suku, dan ras.

"Dengan demikian, toleransi di Kota Pematangsiantar akan lebih baik lagi," ujar dr Susanti.

Pada kesempatan ini, dr Susanti menegaskan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar selalu mendukung penuh kegiatan-kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.

"Demi membangun Kota Pematangsiantar yang kita cintai, demi Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, Pematangsiantar Bangkit dan Maju," ujar dr Susanti.  

Selanjutnya, dr Susanti bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi istri Ny Ratnawati Sidabutar menerima cenderamata dari Ephorus GKPS  Pdt Dr Deddy Fajar Purba didampingi Sekjend GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe.

Hadir pada acara tersebut, Praeses Distrik 1 GKPS Pdt Naek Hamonangan MM, Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar Junaedi Sitanggang SSTP MSi, Pimpinan Resort GKPS Setia Negara Pdt Aman Saut Purba MA, Pimpinan Majelis GKPS Pansur Lima St Gideon Purba.

Kemudian Ketua Panitia St Drs Bernard Purba, Sekretaris Dinas Pendidikan Pematangsianțar Simon Trimanto Tarigan SPd MM, dan Sekretaris Satpol PP Pematangsiantar Mangaraja Tua Nababan dan sejumlah tokoh masyarakat. 

(ADV/John)