Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani menghadiri Rakor Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun Anggaran (TA) 2024.

Rakor dilaksanakan bersama MenPAN-RB di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto Kav 71-73, Jakarta Selatan, Kamis (14/03/2024).

MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya menyampaikan rekrutmen ASN kali ini sangat penting dengan prioritas pemenuhan pada talenta digital, Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), serta sumber daya manusia (SDM) ASN untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Anas mengatakan pemerintah melalui Kementerian PAN-RB telah menetapkan sebanyak 1.289.824 kebutuhan ASN nasional tahun 2024. Jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk 75 kementerian/lembaga sebanyak 427.850 dan 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174.

Kesempatan ini Anas memberikan penghargaan atas komitmen dalam pemenuhan kebutuhan ASN dan penataan tenaga Non-ASN berdasarkan UU No 20/2023 kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN); Provinsi Aceh; Kabupaten Bandung; Kabupaten Banyuwangi; dan Kota Bekasi. 

Selain itu, juga diberikan izin prinsip kepada gubernur, wali kota, dan bupati yang hadir.

Acara juga diisi dengan pemaparan kebijakan terkait pengadaan ASN TA 2024 oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto; Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes Arianti Anaya; serta Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani. 

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel terkait teknis perencanaan kebutuhan ASN serta kebijakan terkait PAN-RB.

Rakor juga dirangkai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) MenPAN-RB tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

dr Susanti mengutarakan rakor tersebut sangat penting karena terkait persiapan pengadaan ASN TA 2024. Ia menilai rakor sangat penting karena membahas agenda strategis dan merupakan kepentingan daerah, yakni membahas Persiapan Pengadaan ASN TA 2024.

“Ini agenda strategis dan merupakan kepentingan daerah dalam rangka membahas Persiapan Pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024,” tutur dr Susanti.

Hadir dalam kegiatan ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim; Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Kemudian Kepala LKPP Hendra Prihadi; Plt Kepala LAN M Taufiq; Kepala ANRI Imam Gunarto; para kepala daerah, serta perwakilan dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. 

(ADV/John)