Siantar, Sumut, Fokus24.id-Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menyambut kedatangan Tim Supervisi TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Gedung Serbaguna Pemko Pematangsiantar, Rabu (21/02/2024) pagi. 

Kedatangan Tim Supervisi tersebut dalam rangka melakukan penilaian pelaksanaan lomba yang diikuti TP PKK Kota Pematangsiantar tahun 2024 ini, yaitu Tertib Administrasi, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga, Hatinya PKK, serta IVA Test.

dr Susanti dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim supervisi TP PKK Sumut. 

Menurut dr Susanti, TP PKK sejak puluhan tahun telah berkontribusi kepada pembangunan daerah, mulai kelurahan hinga kota dan manfaatnya telah dirasakan masyarakat, termasuk di Kota Pematangsiantar.

TP PKK, katanya, hadir memberikan sumbangsih di lingkup sosial budaya, pendidikan, UMKM, dan lainnya.

Sehingga TP PKK bukan sekadar organisasi pemberdayaan, namun merupakan gerakan membangun sumber daya manusia (SDM) dengan konsep dasar 10 Program Pokok PKK.

Melalui lomba yang diikuti, dr Susanti mengharapkan ada output yang jelas dan terukur; perlombaan menjadi wadah pembelajaran untuk optimalisasi TP PKK; dan mengajak kader TP PKK saling kerja sama dan berkoordinasi agar terus berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

"Saya mengajak TP PKK Kota Pematangsiantar untuk memanfaatkan kehadiran TP PKK Sumut dalam belajar dan memahami serta mendapat ilmu yang berguna," kata dr Susanti. 

Kepada Tim Supervisi TP PKK Sumut, dr Susanti berharap agar berkenan memberikan arahan dan bimbingan agar TP PKK Kota Pematangsiantar lebih baik dan bisa meraih yang terbaik.

Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar H Kusma Erizal Ginting SH dalam ekspos singkatnya menerangkan, TP PKK Kota Pematangsiantar telah menggelar lomba tingkat Kota Pematangsiantar tahun 2023 lalu. Para pemenangnya ikut serta dalam lomba tingkat Provinsi Sumut.

Pemenang lomba tersebut yaitu Tertib Administrasi dimenangkan Kelurahan Bukit Sofa Kecamatan Sianțar Sitalasari; PAAR dimenangkan Kelurahan Timbang Galung Kecamatan Siantar Barat.

UP2K dimenangkan Kelurahan Bah Kapul Kecamatan Siantar Sitalasari; Hatinya PKK dimenangkan Kelurahan Aek Nauli Kecamatan Sianțar Selatan; dan IVA Test dimenangkan Kecamatan Sianțar Martoba.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan buku ekspos dari masing-masing Ketua TP PKK Kelurahan dan Kecamatan kepada Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar. 

Kemudian, penyerahan cenderamata dari dr Susanti kepada Tim Supervisi TP PKK Sumut.

Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumut Ny Dessy Hassanudin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Bidang II Ainun Mardiyah Nasution menyampaikan, kegiatan supervisi tersebut dalam rangka Program Kerja TP PKK Provinsi Sumut Tahun 2024.

Dessy memberikan apresiasi kepada Kota Pematangsiantar yang ikut serta mensukseskan kegiatan tersebut.

"Ini metode rentang kendali PKK demi menghadirkan gerakan PKK di tengah keluarga dan masyarakat. PKK mendukung program pemerintah dalam bidang pemberdayaan. Ini tanggung jawab PKK melalui 10 Program Pokok PKK dan berbagai perubahan program kerja dalam rangka Kesatuan Gerak PKK dengan 5 kategori lomba," terangnya.

Dessy pun mengajak untuk menjadi kader TP PKK yang ceria, cerdik, dan cekatan demi TP PKK Gemilang. 

"Tahapan selanjutnya adalah pembinaan lanjutan secara daring. Selamat mengikuti supervisi. Sampai bertemu di tahap monitoring," pungkasnya.

Sedangkan Ketua Tim Supervisi yang juga Sekretaris TP PKK Provinsi Sumut Riza Pahlevi Lubis bimbingan dan arahannya mengatakan, TP PKK merupakan mitra kerja pemerintah, sehingga Ketua TP PKK adalah pasangan pemimpin daerah.

Sebagai mitra pemerintah, kata Rizal, pihaknya ingin berbuat maksimal karena sasaran TP PKK adalah keluarga melalui Dasa Wisma yang terdiri atas 10-20 rumah yang berdekatan.

"PKK itu mendata, mencatat, pelaporan, dan pengarsipan. Dengan Dasa Wisma, data pasti akurat. Kita galakkan Dasar Wisma dengan data akurat dan update," sebutnya. 

Menurut Riza, TP PKK Provinsi Sumut telah memiliki Sistem Informasi Manajemen PKK, yang disebut SumutSatuData.

"Kami himpun data dari 33 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara agar tidak tumpang tindih. Sehingga jika ada bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Riza mengingatkan untuk mengikuti dan menangkan lomba tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang menjadi prioritas, yaitu 

Sistem pelaporan harus jelas, mengikuti  indikator lomba, memiliki kader, ekspos, video, dan inovasi. 

"Pematangsianțar sejak Pak Erizal menjadi Ketua TP PKK,  jauh lebih hebat. Selalu jadi pemenang tingkat Sumut. Semoga tahun ini menjadi juara umum," tandasnya.

Anggota Tim Supervisi yang turut hadir antara lain, Yulia Marpaung, Dra Bidasari Daulay MPd, Dra Kaniah MM, Delyana Siregar Apt dari Dinas Kesehatan, dan lainnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi, Kepala BNN Kota Pematangsianțar Tuangkus Harianja, perwakilan Kantor Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar Santy Hutajulu, mewakili Bank Sumut Patricia, kepada OPD Pemko Pematangsiantar, camat, lurah, serta para pengurus TP PKK.