Taput, Sumut, Fokus24.id-Dalam rangka pengawasan pemilu 2024 Panwaslu Kecamatan Tarutung gelar Bimtek (Bimbingan Teknis) Se-Kecamatan Tarutung di ikuti sebanyak 145 orang PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) di Aula Hotel Glory, Kamis (08/02/2024).

Acara turut dihadiri, Ketua Panwaslu Kecamatan Tarutung, Frans Simanjuntak Ketua Bawaslu Tapanuli Utara, Kopman Pasaribu, Anggota Komisioner Bawaslu Divisi SDM Propinsi Sumatera Utara, Romson Purba, Anggota Panwaslu Tarutung, David Lumbantobing dan Anggota Panwaslu Tarutung, Alfrengki Sihombing.

Ketua Panwaslu Kecamatan Tarutung, Frans Simanjuntak menyampaikan, kegiatan Bimtek tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kepada Pengawas TPS terkait aturan pada saat hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024.

"Tugas PTPS itu sendiri sudah tertuang dalam UU nomor 7 tahun 2017, dimana tugas tersebut mulai berlaku sejak turunnya SK, fokusnya nanti pas hari H, berarti pengawasan di TPS mulai dari pengawasan persiapan pemungutan suara sampai penghitungan suara, dan juga pendistribusian logistik, mulai dari logistik datang sampai diantarkan ke desa-desa," kata Frans Simanjuntak.

Anggota Komisioner Bawaslu Divisi SDM Propinsi Sumatera Utara, Romson Purba, menyampaikan, agar PTPS maksimal dalam pekerjaan sebagai hakim tunggal pelaksana pemilu dan mampu berada di penguatan TPS.

" Laksanakan tugas baik dan tepat, berkoordinasi dengan masyarakat mencatat nama sesuai KTP, kegiatan pengawas kecamatan memastikan sasaran masyarakat yang terdaftar dalam pemilih," ujarnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan tanya jawab peserta PTPS Kecamatan Tarutung.

(Aman Siregar)