Siantar, Sumut, Fokus24.id-Ketua KPU Pematangsiantar M Isman Hutabarat membenarkan saat seluruh KPPS mengikuti pelantikan dan Bimtek menerima uang pengganti transport sebesar Rp150 ribu,

"Terdapat penggantian uang transportasi pelantikan 50rb dan 100rb untuk bimtek." tulis Ketua KPU Pematangsiantar menjawab saat dikonfirmasi, Rabu (31/01/2024) sekira jam jam 11.00 WIB.

Isman sempat membantah seluruh KPPS yang dilantik tidak benar melakukan gotong royong dibeberapa kantor Kelurahan, "Tidak ada gotong royong bang yang ada pelantikan KPPS di masing-masing tempat." tulisnya lagi.

Ditanya, beredar foto seluruh KPPS yang dilantik melakukan pemungutan sampah dan menanam bunga, Isman berkelit, 

"Kalau itu saya tidak tahu. Mungkin itu kebijakan Lurah." jawabnya melalui sambungan seluler takkala Fokus24.id menelepon.

Saat ini sambungnya, total jumlah KPPS di seluruh kota Pematangsiantar berjumlah 5.572 Orang, "Total KPPS Se Kota  P. Siantar 5.572 Orang." tandasnya.

Kemudian, kembali dikonfirmasi terkait anggaran pelantikan KPPS berapa biaya sewa gedung dikucurkan, Isman menjawab tidak ada tetapi dirinya akan berkordinasi dengan sekretaris KPU,

"Setau saya tidak ada utk sewa gedung. Tetapi kalau pun ada, itu inisiatif dari PPS dan PPK masing-masing. Nanti saya koordinasi dengan sekretaris KPU sebagai Kuasa Pengguna Anggaran. Kebetulan beliau lagi di jakarta bang." tulisnya kembali menjawab, Kamis (01/02/2024) sekira jam.

Tak berselang lama, kembali Isman mengirimkan pesan untuk pelantikan KPPS bisa dilakukan di halaman mesjid, "Di halaman mesjid pun ada pelantikan kemaren." tukasnya.

Terkait anggaran untuk konsumsi seperti Snack yang dikemas dalam kotak kecil, berapa harga per kotak, Ketua KPU tidak mau berkomentar, "Ntar Kupastikan dulu." tandasnya.

Menjelang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematang Siantar mengadakan Bimbingan Teknis Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan PPS tingkat Kecamatan di sejumlah hotel, Sabtu (27/01/2024) dan Minggu (28/01/2024).