Taput, Sumut, Fokus24.id-Dalam rangka kegiatan monitoring dan evaluasi, penguatan tugas dan fungsi pemasyarakatan serta penguatan pengamanan dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2024 Karutan Kelas IIB Tarutung terima kunjungan kerja Tim monitoring evaluasi (Monev) Kemenhumkam wilayah Sumatera Utara, Kamis, (21/12/2023).

Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Kriston Napitupulu menyampaikan, kepada seluruh jajaran Rutan Tarutung agar selalu melaksanakan 3 kunci pemasyarakatan maju, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, memberantas narkoba dan sinergi dengan aparat penegak hukum.

"Kita harus memastikan bahwa keamanan dan ketertiban di Lapas / Rutan tetap terjaga, terutama selama libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para warga binaan serta mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan," ujar Kriston Napitupulu.

Kriston Napitupulu juga menyampaikan kepada seluruh Petugas agar meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan selama 24 jam dengan memperbantukan petugas staf dan membuat piket tambahan, melakukan koordinasi dengan TNI/Polri, Pemadam Kebakaran dan BPBD untuk membantu pelaksanaan Pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Ismet Sitorus Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung mengatakan  akan terus berbenah dalam meningkatkan pengamanan dan layanan pemasyarakatan yang ada serta berharap mendapatkan masukan yang positif pada perubahan Rutan Tarutung yang lebih baik lagi kedepannya.

“Hasil kegiatan Monitoring dan Evaluasi ini dapat kami pergunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pengamanan jelang natal dan tahun baru serta sebagai bahan evaluasi atas kinerja kami selama ini sekaligus kami dapat langsung berkonsultasi, melakukan langkah-langkah yang terbaik agar ke depannya kami bisa melaksanakan tugas dengan semakin baik." ujar Ismet Sitorus.

(Aman Siregar)