Simalungun, Sumut, Fokus24.id-Tiang portal yang ditancapkan Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun di jalan penghubung antar nagori kecamatan gunung malela melalui rekanan dicabut tanpa sebab.

"Umur tiang portal hanya 24 jam. Tidak tahu apa penyebabnya dibongkar. Tadi pihak rekanan yang mencabut." ungkap Iman (55) warga Negori Senio, Senin (09/10/2023) sekira jam 17.00 WIB.

Menurutnya, tiang portal ditancapkan di atas jalan milik Pemerintah Kabupaten Simalungun agar truck over tonase tidak lagi melintas. Karena selama ini menjadi penyebab jalan rusak,

"Beban yang diangkut Truck terlalu berat atau biasa disebut over tonase. Ini salah satu cara meminimalkan kerusakan jalan menuju tujuh nagori nagori di Kecamatan Gunung Malela." ungkapnya sembari menyebut bahwa ketujuh nagori tersebut yakni, Serapuh, Margomulyo, Gajing, Silulu, Dolok Malela, Bandar Siantar dan Lingga.

Senada, pembongkaran tiang portal karena desakan masyarakat. Dimana, di Kecamatan Gunung Malela banyak pelaku bisnis. Mereka resah karena akan berdampak merosotnya ekonomi.

"Masyarakat disini banyak pengusaha pengangkutan seperti Truck. Ada juga pengusaha wisata dan panglong. Setiap hari usaha mereka selalu beraktifitas. Mereka risau jika portal tidak dibongkar akan berdampak ekonomi pelaku bisnis merosot." Timpal mengaku bernama Andi.

Tetapi Andi mengaku miris melihat Pemkab Simalungun karena tidak komitmen dan terkesan pilih buluh.

Sebab dibeberapa kecamatan lain tiang portal masih tertancap. Diantaranya di Kecamatan Tanah Jawa, Bandar Marsilam, Hatonduhan. Sejumlah pelaku bisnis akan mengalami kemerosotan ekonomi,

"Jangan pilih buluh pak kadis perhubungan. Kalau tiang portal di kecamatan gunung malela dicabut, kecamatan lain harus dicabut juga. Masih wilayah kabupaten Simalungun." Tegasnya. 

Sementara Ober Saragih selaku rekanan mengatakan dirinya hanya sebatas rekanan yang ditunjuk Pemkab Simalungun menancapkan tiang portal, 

"Kami rekanan. Disuruh kerja kami kerjakan. Kalau untuk kegunaan tiang portal tanya sama Kadishub." Jawabnya.

Kadis Perhubungan Simalungun Sabar Saragih terkait tiang portal di jalan penghubung Nagori Senio ke nagori lainnya mengapa dicabut atau dibongkar, tidak berhasil dikonfirmasi.

(Bahtiar/Hardy)